Kelompok LGBT Ajak Menristek Nassir Dialog

Pernyataan Nassir ini bisa memicu kekerasan terhadap LGBT yang sedang menempuh pendidikan tinggi.

NASIONAL | BERITA

Minggu, 24 Jan 2016 21:41 WIB

Author

Rio Tuasikal

Kelompok LGBT Ajak Menristek Nassir Dialog

KBR, Jakarta - Kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) ingin bertemu dan menjelaskan kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nassir mengenai keberadaan mereka. "Bisa bertemu berdialog," ungkap Direktur Eksekutif Ardhanary Institute, Agustine kepada KBR di Jakarta, Minggu (24/1/2016) malam.

Hal ini menanggapi reaksi M.Nasir terhadap gerakan Support Group and Resource Center on Sexuality Studies (SGRC) di kampus Universitas Indonesia yang menawarkan konseling bagi kelompok LGBT. Nasir menyebut kampus bukanlah tempat untuk LGBT.

Agustine menilai pernyataan Nassir ini bisa memicu kekerasan terhadap LGBT yang sedang menempuh pendidikan tinggi. "Bisa jadi karena pemahaman seksualitasnya yang belum selesai atau saya mengatakannya belum terbuka," jelasnya lagi.

Ia menambahkan, kampus merupakan ruang terbuka yang seharusnya terbuka dengan segala ide. Selain itu, kampus harus terbuka terhadap LGBT karena pendidikan merupakan hak semua orang.

Sebelumnya, Menristekdikti M. Nassir melarang LBGT masuk kampus. Hal ini dia nyatakan setelah Universitas Indonesia meminta komunitas diskusi gender SGRC mencabut logo universitas karena tidak diakui kampus. Menurut dia, kelompok LGBT bisa merusak moral dan kampus harus bisa menjaga betul nilai-nilai susila masyarakat.  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste