Indonesia Target Susul Ekonomi Syariah Malaysia

Saat ini, cakupan ekonomi syariah Indonesia di bawah 5 persen sementara Malaysia sudah 21 persen.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 05 Jan 2016 16:43 WIB

Author

Rio Tuasikal

Indonesia Target Susul Ekonomi Syariah Malaysia

Ilustrasi. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Pemerintah menargetkan pengembangan ekonomi syariah melampaui cakupan ekonomi syariah di Malaysia. Saat ini, cakupan ekonomi syariah Indonesia di bawah 5 persen sementara Malaysia sudah 21 persen.

Ketua OJK Muliaman Hadad, mengatakan dalam 10 tahun ke depan, Indonesia akan mampu menyaingi negara tetangga tersebut. Sebab, saat ini keuangan syariah di Indonesia masih kecil namun punya potensi berkembang yang sangat besar.

"Pembiayaan 276 triliun itu ke bank syariah saja, asuransi syariah 24,57 triliun," jelasnya kepada wartawan di istana negara, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

"Pembiayaan oleh berbagai macam perusahaan pembiayaan - leasing segala macam - 36,45 triliun, saham syariah 2.600 triliun, kemudian sukuk korporasi 9 triliun, dan reksadana syariah 11 triliun," tambahnya lagi.

Ketua OJK, Muliaman Hadad, menambahkan akan mendorong perbankan syariah membiayai proyek besar seperti infrastruktur, tidak hanya pembiayaan usaha mikro. Sebab saat ini Indonesia memiliki banyak proyek pembangunan yang butuh biaya besar. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18