Bagikan:

Bencana Alam, Kunjungan Wisman Turun 5,85 Persen

Namun secara kumulatif terjadi kenaikan kunjungan wisatawan selama 2015.

BERITA | NASIONAL

Senin, 04 Jan 2016 16:49 WIB

Author

Rio Tuasikal

Bencana Alam, Kunjungan Wisman Turun 5,85 Persen

Ilustrasi. Wisatawan manca negara. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka wisatawan mancanegara pada November 2015 turun karena sejumlah bencana alam. Penurunan mencapai 5,8 persen dibanding bulan Oktober.

Kepala BPS, Suryamin, menyatakan ada dua bandara yang terdampak langsung oleh gunung meletus. Yakni Kualanamu Medan oleh letusan Sinabung, dan Ngurah Rai Bali oleh letusan anak Rinjani. Keduanya merupakan dua dari 6 pintu utama wisatawan mancanegara.

"Di antaranya adalah karena kemarin ada letusan gunung berapi, salah satunya anak gunung Rinjani," jelasnya dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta, Senin (4/1/2016).

"Sehingga bandara NTB dan Bali juga ditutup sementara. Kemudian juga penerbangan dari Australia ada yang ditangguhkan. Sehingga berdampak, terjadi penurunan 5,85 persen," ungkapnya.

Namun demikian, tambah Suryamin, secara kumulatif Januari-November 2015, angka kunjungan wisatawan naik. Yakni 8,8 juta kunjungan dibanding 8,5 juta kunjungan tahun 2014. Wisatawan masih didominasi dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, Australia, dan Jepang. 

Editor: Malika

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Mendorong Vaksinasi Booster untuk Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 di Akhir Tahun

Most Popular / Trending