NASIONAL

TNI Ditarik, Basarnas Tetap Cari Korban QZ8501

TNI Ditarik, Basarnas Tetap Cari Korban QZ8501

KBR, Jakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) menegaskan tetap akan melanjutkan operasi pencarian korban pesawat Air Asia QZ8501. Ini menyusul penarikan seluruh kekuatan TNI dari lokasi. 


Kepala Basarnas Bambang Soelistyo mengatakan, Basarnas akan mulai menerjunkan pasukan Sabtu (31/1). Kata dia, pihaknya mengistirahatkan para petugas SAR dan mengisi ulang bahan bakar serta perbekalan di kapal-kapal.


"Di bagian pesawat yang mereka usahakan untuk diangkat tidak ada jenazah. Maka diputuskan bahwa, unsur TNI ditarik ke home base. Penarikan TNI dari mission area, tidak ada kaitannya dengan penghentian operasi pencarian,” kata Bambang di Basarnas, (28/1).


“Sepanjang saya selaku SAR koordinator, belum menyatakan ditutup, maka operasi pencarian tetap berlanjut.” 


Bambang Soelistyo menambahkan, operasi lanjutan akan dilakukan selama 7 hari. Setelah itu, pihaknya akan mengevaluasi tentang kelanjutan atau penutupan operasi. Kata dia, operasi tim SAR akan difokuskan pada daerah prioritas pencarian dua. Terdapat 9 titik koordinat yang akan dikonfirmasi di dasar laut. 


Hingga hari ke-31, tim SAR baru menemukan 70 jenazah, dan masih harus mencari 92 korban lain.


Editor: Antonius Eko 

  • air asia
  • QZ8501

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!