NASIONAL

Tim Penyelam Periksa Badan Pesawat Air Asia

Tim Penyelam Periksa Badan Pesawat Air Asia

KBR, Jakarta - Tim Penyelam TNI Angkatan Laut akan memeriksa badan pesawat Air Asia QZ8501 yang sudah ditemukan oleh kapal Singapura. Jumat (16/1). 


Juru Bicara TNI Angkatan Laut Manahan Simorangkir mengatakan, setelah pemeriksaan ini selesai, tim penyelam akan mendiskusikan teknik pengangkatan badan pesawat dengan Basarnas. Pengangkatan badan pesawat bisa dilakukan bagian per bagian atau langsung diangkat seluruh rangkanya


"Teknik yang akan dilakukan pertama, pasukan-pasukan penyelam kita melaksanakan pemeriksaan dulu, cek and ricek. Setelah diadakan penyelidikan baru didiskusikan atau dipelajari bagaimana teknik mengangkatnya. Untuk TNI Angkatan Laut sendiri mampu mengangkat badan pesawat dengan teknik yang sama yaitu dengan lifting bag,” papar Manahan. 


Kemarin, Tim Badan SAR Nasional belum bisa mengevakuasi jasad korban pesawat Indonesia AirAsia QZ8501. Tim penyelam tidak bisa mencapai dasar laut tempat badan utama pesawat ditemukan. Sebab, penyelaman terhambat oleh cuaca yang tak bersahabat. 


Sejak Rabu lalu Basarnas telah menemukan badan pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata. Lokasi penemuan tersebut berjarak 3.000 meter dari penemuan ekor pesawat.


Editor: Antonius Eko 

  • air asia
  • QZ8501

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!