NASIONAL

Susi Pudjiastuti Minta Inpres Berantas Ilegal Fishing

Susi Pudjiastuti Minta Inpres Berantas Ilegal Fishing

KBR, Jakarta - Kementerian Kelautan Dan Perikanan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Percepatan Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal (illegal fishing). 


Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan dengan adanya inpres semacam itu, upaya pemberantasan praktik penangkapan ikan secara ilegal dapat dilakukan secara berkelanjutan.


"Sehingga terus menerus kita bisa punya pengamanan atas sumber daya laut kita selama Indonesia berdaulat di negaranya. Ini hanya bisa kalau regulasi dan penegak hukum semua solid dalam satu langkah.Pak presiden juga menerbitkan Inpres supaya tingkat perlindungannya lebih tinggi," ujarnya kepada wartawan di Kantor KKP, Jakarta. 


Susi Pudjiastuti menambahkan, kondisi ini tidak boleh dibiarkan sehingga nantinya berakibat habisnya sumber daya kelautan dan perikanan. Hal itu sudah terjadi di perairan negara-negara Timur Tengah. 


Terkait tindakan penenggelaman kapal-kapal asing, Susi menilai itu bukan tindakan yang melanggar hukum dan tidak ada hubungannya dengan bilateral antar negara.


Editor: Antonius Eko 

  • Susi Pudjiastuti
  • penangkapan ikan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!