Meski Neraca Perdagangan Defisit, Pemerintah Optimis Ekspor Meningkat Tahun Ini

KBR, Jakarta- Kementerian Perdagangan optimis dapat meningkatkan volume ekspor pada tahun 2015. Diperkirakan nilai ekspor itu mencapai USD 192,5 miliar.

NASIONAL

Selasa, 06 Jan 2015 14:30 WIB

Meski Neraca Perdagangan Defisit, Pemerintah Optimis Ekspor Meningkat Tahun Ini

menteri perdagangan

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan optimis dapat meningkatkan volume ekspor pada tahun 2015. Diperkirakan nilai ekspor itu mencapai USD 192,5 miliar.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan peningkatan volume perdagangan dalam negeri ini akan didorong dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi di Amerika dan Eropa. Di sana membuat daya beli masyarakatnya membaik sehingga kebutuhan barang termasuk impor akan meningkat.

“Yang sangat menggembirakan adalah perekonomian negara maju tahun ini diprediksi mengalami pertumbuhan yang relatif tinggi dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Terutama Amerika Serikat, di mana pertumbuhan ekonominya diproyeksikan mencapai 3,1 persen, sedangkan impor tumbuh 5,4 persen," kata Gobel dalam konferensi pers tentang kinerja ekspor dan Impor Indonesia, Selasa (6/1).

Partogi Pangaribuan menambahkan di triwulan pertama tahun ini, penurunan harga minyak mentah dunia akan membuat industri-industri di luar negeri menggeliat. Karena itu Indonesia akan membuat barang-barang yang diminati pasar luar negeri.

Pemerintah menargetkan dapat meningkatkan ekspor non migas 3 kali lipat di tahun 2019. Strategi peningkatan ekspor tersebut hingga kini masih dibahas di Kemenko Perekonomian.

Meski demikian, Neraca perdagangan Indonesia November lalu saja defisit USD 425 juta. Sehingga dari Januari hingga November 2014 defisit mencapai USD 2,07 miliar.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Antipunah Episode Ekonomi Lestari Lewat Wirausaha Sosial

Pengenaan PPN Pada Sembako, Tepatkah?

Kabar Baru Jam 8

Pengetatan Pelaku Perjalanan Internasional Cukup Kuat?