LSI: Masyarakat Tidak Lagi Tertarik Landasan Partai Politik

BR, Jakarta -Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) melaporkan bahwa asas atau landasan partai politik tidak lagi menjadi alasan masyarakat untuk memilih.

NASIONAL

Minggu, 25 Jan 2015 19:23 WIB

Author

Ade Irmansyah

LSI: Masyarakat Tidak Lagi Tertarik Landasan Partai Politik

partai politik, lsi, politik

KBR, Jakarta -Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) melaporkan bahwa asas atau landasan partai politik tidak lagi menjadi alasan masyarakat untuk memilih. Direktur Eksekutif LSI, Kuskridho Ambardi mengatakan, alasan yang pertama masyarakat memilih partai politik adalah pemenuhan aspirasi rakyat yang mencapai 24 persen. Alasan lain, 18 persen masyarakat memilih parpol yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Sejauh mana publik menilai kinerja partai politik ini. Ada dua dimensi yang kita lihat, yang pertama adalah kedekatan. Seberapa jauh publik merasa dekat dengan partai karena kedekatan dengan partai juga akan memberikan dukungan terhadap stabilitas partai tersebut. Dimensi lain yang lebih penting lagi adalah, sesuai dengan fungsi partai maka bagaimana masyarakat menilai dan berharap partai tersebut harus berfungsi, lebih khusus lagi bagaimana pandangan masyarakat tentang regenerasi,” ujarnya kepada wartawan di Kantor LSI.

Direktur Eksekutif LSI Kuskridho Ambardi menambahkan, hasil survei juga menginginkan karakter parpol bersih dari korupsi sebesar 10,5 persen. Survei ini menggunakan metode tatap muka dengan 1.220 responden di 33 Provinsi Indonesia pada 10 hingga 18 Januari 2015. Sementara untuk tingkat margin error lebih kurang 2,9 persen.

Editor: Erric Permana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Inggris Bersikeras Tinggalkan Uni Eropa 31 Oktober 2019

Kabar Baru Jam 17

Foto Ikatan Besar Mahasiswa UI Tidak Akui Jokowi - Ma'ruf Hoaks