NASIONAL

Jokowi Pantau Uji Kelayakan dan Kepatutan Budi Gunawan

Jokowi Pantau Uji Kelayakan dan Kepatutan Budi Gunawan

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  pantau uji kelayakan dan kepatutan calon kepala Kepolisian Indonesia Budi Gunawan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI). 


Untuk menentukan sikap, Jokowi juga memantau perkembangan kasus hukum yang melilit Budi. Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto mengatakan perkembangan kasus hukum serta uji kelayakan Budi bakal menjadi dasar penentuan sikap Jokowi. 


"Yang jelas presiden dua proses yang sedang berlangsung. Yaitu proses politik, jadi ada pertimbangan-pertimbangan politik yang harus diambil. Dari proses hukum, KPK menetapkan Budi sebagai tersangka. Itu juga sedang dipertimbangkan. Presiden sedang mencari opsi yang tepat yang bisa secara baik menggabungkan dua proses tersebut. Jadi mencari perimbangannya ya," ujar Andi di Jakarta, Rabu (14/1).


Andi Widjojanto menambahkan, saat ini pembentukan opsi untuk menyikapi perkembangan kasus korupsi Budi Gunawan sudah hampir selesai. Meski begitu Andi tidak menjelaskan apa saja opsi yang digodok tersebut. 


Andi juga mengklaim Jokowi tidak mengintervensi kasus hukum Budi. Kata dia, Jokowi menghormati proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Editor: Antonius Eko 


  • jokowi
  • budi gunawan
  • kapolri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!