Bagikan:

Gaji Tak Kunjung Dibayar, 10 Karyawan Merpati Meninggal

Forum Pegawai Merpati menyatakan 10 karyawan PT Merpati meninggal karena gajinya tidak dibayar. Mereka meninggal saat berusaha meminjam uang untuk biaya perobatan.

NASIONAL

Kamis, 15 Jan 2015 11:58 WIB

Author

Abu Pane

Gaji Tak Kunjung Dibayar, 10 Karyawan Merpati Meninggal

merpati, penerbangan

KBR, Jakarta - Forum Pegawai Merpati menyatakan 10 karyawan PT Merpati meninggal karena gajinya tidak dibayar. Mereka meninggal saat berusaha meminjam uang untuk biaya perobatan. 


Sekjend Forum Pegawai Merpati Erhy Wardana mengatakan. Merpati sudah menuggak gaji 13 bulan.


"Yang membuat keluarga pegawai Merpati kesulitan untuk hidup, me-sekolahkan anaknya, terusir dari rumah kontrakannya. Lalu sudah beberapa pegawai meninggal dunia saat mencari pinjaman untuk hidup. Ini kisah nyata," ujar Ery di Jakarta, Kamis (15/1).


Ery Wardana menambahkan, total gaji dan tunjangan pegawai Merpati yang belum dibayar mencapai Rp 341,8 milliar. Gaji tersebut belum dibayar sejak Desember 2013. 


Juru Bica Forum Pegawai Merpati Wayan mengatakan, mereka yang meninggal di antaranya adalag pegawai Distrik Maneger Merpati, Agus dan Diana.


Sementara itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didesak untuk ikut membayar seluruh gaji pegawai PT Merpati yang tertunggak. 


Ery Wardhana mengatakan, pihaknya sudah tidak peduli ditutup tidaknya PT Merpati. Menurutnya pegawai Merpati hanya menuntut pembayaran gaji yang tertunggak 13 bulan.


"Sebenarnya kami dalam kondisi tak menentu ini, hanya meminta kepastian terhadap nasib kami saja. Mengenai apakah merpati dihidupkan atau dimatikan sepenuhnya wewenang Pemerintah sebagai pemilik,” 


“Yang kami harapkan adalah kepastian dibayarkan hak kami. Selama Merpati belum ditutup maka gaji kami yang belum dibayarkan sejak Desember 2013 -Desember 2014 mohon agar segera dibayarkan.” 


Ery Wardhana menambahkan, Kementerian BUMN sebagai penanggung jawab perusahaan Merpati juga diminta membayar denda tunggakan gaji, tunjangan terbang, THR dan lainnya. Jika tidak ada itikad baik, pegawi Merpati akan berunjuk rasa di depan Kementerian BUMN. Bahkan Forum Pegawai BUMN berencana mengadu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). 


Sebelumnya PT Merpati dinyatakan terus merugi. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan saat ini Merpati sulit dibangkitkan lagi. Rini juga khawatir jika Merpati dibangkitkan,pasar masakapai Citilink akan terganggu.


Editor: Antonius Eko 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Mendorong Vaksinasi Booster untuk Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 di Akhir Tahun

Most Popular / Trending