Bagikan:

Flight Data Recorder Kotak Hitam Air Asia Ditemukan

Tim SAR gabungan telah menemukan dan mengangkat satu dari dua bagian kotak hitam Pesawat Air Asia QZ8501, Senin (12/1).

NASIONAL

Senin, 12 Jan 2015 10:41 WIB

Flight Data Recorder Kotak Hitam Air Asia Ditemukan

air asia, QZ8501

KBR, Jakarta - Tim SAR gabungan telah menemukan dan mengangkat satu dari dua bagian kotak hitam Pesawat Air Asia QZ8501, Senin (12/1). 


Kepala Badan SAR Nasional Bambang Soelistyo mengatakan, bagian yang telah ditemukan yakni perekam data penerbangan (flght data recorder). Bagian ini berfungsi mencatat seluruh data yang terekam selama pesawat melakukan penerbangan. 


Kata dia, alat tersebut ditemukan tim penyelam TNI Angkatan Laut di antara puing-puing sayap pesawat. Saat ini, Bambang tidak bersedia memberikan keterangan detil tentang kondisi dan lokasi kotak hitam tersebut. 


"Yang sudah ditemukan dan sudah diangkat adalah flight data recorder oleh tim SAR gabungan, pada pukul 7.11 menit dan itu diconfirm karena di barang atau benda itu ada part numbernya, dan ada serial numbernya," kata Bambang Soelistyo di Kantor Basarnas, (12/1)


Bambang Soelistyo menambahkan, saat ini tim gabungan tengah memburu bagian kotak hitam yang lain yakni perekam suara kokpit (cockpit voice recorder). Alat ini berfungsi untuk mencatat pembicaraan di dalam kokpit pesawat. Untuk menemukan alat ini, tim SAR gabungan mengerahkan seluruh kekuatan termasuk bantuan dari kapal-kapal asing.


Editor: Antonius Eko 


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?