NASIONAL

Black Box Kemungkinan Tidak di Ekor Pesawat

"Keberadaan black box pesawat Air Asia QZ8501 masih misteri. Pasalnya, black box yang awalnya diduga berada di bagian ekor pesawat, tidak berhasil ditemukan."

Alex Gunawan

Black Box Kemungkinan Tidak di Ekor Pesawat
air asia, QZ8501

Keberadaan black box pesawat Air Asia QZ8501 masih misteri. Pasalnya, black box yang awalnya diduga berada di bagian ekor pesawat, tidak berhasil ditemukan.  

 

Hal itu dilaporkan tim penyelam setelah melakuan penyelaman selama kurang lebih 62 menit di lokasi penemuan ekor pesawat di perairan Teluk Air Hitam yang masuk Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalbar atau 135 nautical mile dari Kota Pangkalan Bun.

 

Penyelam telah menyusuri bagian ekor pesawat yang terendam pada kedalaman  34 meter tersebut. Namun belum mendapatkan black box yang dicari. Berdasarkan informasi penyelam, kondisi ekor pesawat tersebut mengalami kerusakan parah.

 

Merespon laporan tersebut, Panglima TNI Moeldoko yang turun langsung di KRI Banda Aceh mengaku khawatir mengenai keberadaan black box tersebut. 


"Ada kekhawatiran dari kami, apakah black box itu bagian dari badan pesawat yang pecah? (black box terlepas dari ekor), itu yang sedang kami upayakan untuk dicari. Untuk itu, kita akan meniupkan balon dan menariknya dengan crane," kata dia.

 

Ia melanjutkan ada perkembangan baru dari dari Kapal Basarnas KN Jadayat yang berada sekitar 300 meter dari lokasi KRI Banda Aceh. Kapal tersebut menerima sinyal ping yang diduga dari black box. Ia menginstruksikan kepada 7 penyelam untuk memastikan sinyal ping tersebut. "Ini juga kita kejar, saya sudah kirimkan 7 orang penyelam, mencari arah ping-nya dari mana," tegas dia. 


Editrot: Antonius Eko 


  • air asia
  • QZ8501

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!