NASIONAL

BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lebih Tinggi dari Tahun Lalu

"Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya mencapai 5,1 persen"

Khusnul Khotimah

BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lebih Tinggi dari Tahun Lalu
bank indonesia, agus martowardojo, ekonomi, pertumbuhan

KBR, Jakarta- Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya mencapai 5,1 persen. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini berada di kisaran 5,4 hingga 5,8 persen.

Selain didukung kuatnya konsumsi rumah tangga, pertumbuhan akan didukung oleh ekspansi konsumsi dan investasi pemerintah. Ini karena ruang fiskal anggaran meningkat dan akan digunakan untuk mendukung kegiatan produktif dan pembangunan infrastruktur.

“Kita melihat tadi di pemaparan R-APBNP 2105 lebih dari Rp 200 triliun bisa dilakukan penghematan. Jadi tentu tantangannya adalah pemerintah bisa merealokasi penghematan anggaran karena pengelolaan subsidi BBM dan listrik yang lebih baik, “kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo usai rapat bersama pemerintah dan DPR terkait pembahasan APBNP 2015 (19/1).

Selain itu, tambah Agus pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan didukung oleh membaiknya perekonomian global seperti yang diperkirakan banyak lembaga internasional.

Pemulihan negara maju khususnya Amerika Serikat  diperkirakan terus berlanjut hingga tahun ini sehingga bisa menopang perekonomian Indonesia melalui jalur perdagangan dengan peningkatan ekspor Indonesia.


Editor: Erric Permana

  • bank indonesia
  • agus martowardojo
  • ekonomi
  • pertumbuhan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!