NASIONAL

Angkat Plt Kapolri, Wakil Ketua Komisi Hukum DPR: Jokowi Tidak Paham Hukum

Angkat Plt Kapolri, Wakil Ketua Komisi Hukum DPR: Jokowi Tidak Paham Hukum

KBR, Jakarta –  Komisi Hukum DPR menilai Presiden Joko Widodo tidak paham soal hukum terkait pengangkatan Wakapolri Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri. Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Desmond Mahesa mengatakan kedudukan Badrodin Haiti tidak jelas menggantikan Jenderal Sutarman atau menggantikan Komjen Budi Gunawan.

"Badrodin Haiti itu wakil siapa ? menggantikan siapa ? mem-Plt-kan siapa ? melaksanakan tugas siapa ? apakah Tarman yang sudah diberhentikan oleh DPR ? apakah Budi Gunawan yang belum dilantik ? Ini yang terjadi hari ini pemahaman hukum Pak Jokowi dan timnya sangat lemah," ujar Desmond di Gedung DPR. (19/1)

Menurut Desmond, Presiden Jokowi seharusnya langsung melantik Budi Gunawan setelah ditetapkan layak oleh DPR. Baru setelahnya, Budi Gunawan bisa dinonaktifkan terkait kasus rekening gendut.  Sebelumnya. pasca DPR memutuskan Budi Gunawan sebagai Kapolri, Presiden Jokowi menunda pelantikan Kapolri terpilh tersebut dan mengangkat Wakapolri Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas Kapolri.

Editor: Erric Permana

  • komisi hukum
  • plt kapolri
  • desmond j mahesa
  • jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!