NASIONAL

Abraham Samad Bantah Semua Tudingan Hasto Kristiyanto

Abraham Samad Bantah Semua Tudingan Hasto Kristiyanto

KBR, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad membantah segala tuduhan yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Bantahan terkait tudingan terhadap Samad yang melobi untuk naik sebagai calon wakil presiden 2014 untuk mendampingi Joko Widodo.

Melalui Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi, Abraham Samad mengatakan, segala hal yang dituduhkan adalah fitnah. Johan meminta Hasto untuk menyerahkan bukti-bukti konkret terkait pertemuan tersebut.

“Kalau memang ada bukti-bukti terhadap tuduhan yang disampaikan kepada Abraham Samad tentu kami di KPK juga akan mengambil langkah yang diperlukan, karena KPK adalah sebuah lembaga yang zero toleran terhadap ketidakbenaran,” kata Johan di KPK

Siang tadi, pihak PDIP menggelar jumpa pers terkait sikap Ketua KPK Abraham Samad yang bertemu dengan sejumlah petinggi PDIP untuk lobi politik terkait jabatan cawapres 2014.  Hasto meminta KPK untuk segera menggelar komite etik untuk memeriksa Abraham Samad. Hasto pun siap bersaksi dan memberi keterangan di depan Komite Etik KPK.

Hasto hadir seorang diri dalam jumpa pers itu. Dia memakai topi dan masker, yang menurutnya gaya Samad ketika bertemu. Pertemuan dengan Samad dahulu dilakukan sebanyak lima kali diantaranya di apartemen di dekat Pacific Place, Jakarta.

Hasto Kristianto juga mengklaim pernah mendapatkan pernyataan yang tidak pantas dari Abraham Samad. Pernyataan dilontarkan Samad setelah Jokowi membatalkan dia menjadi calon wakil presiden. Namun, sayangnya dia tidak mau merinci pernyataan tersebut. Tetapi dia bakal membeberkannya di depan Komite Etik KPK.

"Dari situlah keluar sebuah pernyataan yang kurang bijak untuk dilakukan untuk seorang pemimpin. Untuk itu dengan melihat apartemen ini kita bisa melihat proses rekam jejak dari pertemuan -pertemuan itu," ujar Hasto di sebuah apartemen mewah di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (22/1).

Hasto menambahkan, percakapannya mengenai calon wakil presiden pernah disadap oleh Abraham Samad. Kata dia, hal itu disampaikan langsung oleh Samad sebelum ia ingin menyampaikan keputusan Joko Widodo soal calon wakil presiden yang dipilih. Dalam percakapan itu, Abraham juga menyebut sudah mengetahui jika ia ditolak menjadi cawapres. Selanjutnya dia menyebut kegagalannya itu karena ulah Budi Gunawan.

Samad Bertemu Hendropriyono


Hasto juga menyatakan, Samad pernah bertemu dengan sejumlah tim sukses Joko Widodo saat musim pengajuan capres dan cawapres pemilu 2014. Dia mengatakan salah satu tim sukses tersebut di antaranya Hendropriyono dan anggota tim sukses yang saat ini menjadi menteri di kabinet kerja.

"Kemudian setelah itu dirancang pertemuan yang lebih strategis di hotel berbintang 5 di Yogyakarta untuk membahas agenda. Kemudian dilanjutkan pertemuan-pertemuan termasuk pertemuan dengan Hendropriyono dan yang saat ini menjadi menteri di kabinet kerja Joko Widodo," ujar Hasto.

Menurut Hasto, Hendropriyono pun mengaku siap jika dimintai keterangan oleh Komite Etik KPK.

Editor: Anto Sidharta

  • Abraham Samad Bantah
  • Hasto Kristiyanto

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!