NASIONAL

Urai Penumpukan Pengungsi, BNPB Sewa Jambur

"KBR68H Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana menyewa balai pertemuan atau Jambur untuk mengurangi kepadatan jumlah pengungsi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara."

Urai Penumpukan Pengungsi, BNPB Sewa Jambur
Sinabung, Pengungsi, BNPB, Jambur

KBR68H Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana menyewa balai pertemuan atau Jambur untuk mengurangi kepadatan jumlah pengungsi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pengungsi akan disebar ke sejumlah jambur yang akan disewa agar tidak menumpuk di satu tempat.

"Dilakukan program penipisan jambur-jambur di mana di tempat pengungsian yang jumlah pengungsinya banyak harus dikurangi atau ditipiskan dalam arti disewa. BNPB akan menyewa jambur-jambur kemudian masyarakat dipindahkan ke tempat yang lebih dekat," kata Sutopo Purwo Nugroho ketika dihubungi KBR68H, (26/1)

Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, pihaknya juga bakal meningkatkan pelayanan kebutuhan dasar seperti makanan dan kesehatan bagi pengungsi korban erupsi Sinabung.

Sebelumnya, jumlah pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus meningkat hingga mencapai 28 ribu jiwa yang tersebar di 43 lokasi pengungsian. Pemerintah belum bisa memprediksi sampai kapan erupsi Sinabung berhenti, pasalnya hingga kini gunung merapi tersebut masih berstatus awas. Namun, BNPB mengatakan terdapat tren penurunan erupsi.

  • Sinabung
  • Pengungsi
  • BNPB
  • Jambur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!