Pemda Diminta Bentuk LPS Daerah

KBR68H,Jakarta - Pemerintah daerah diminta membentuk lembaga penjamin simpanan daerah untuk menjamin Lembaga Keuangan Mikro LKM.

NASIONAL

Selasa, 07 Jan 2014 10:10 WIB

Author

Sasmito

Pemda Diminta Bentuk LPS Daerah

lps, daerah, penjaminan

KBR68H,Jakarta - Pemerintah daerah diminta membentuk lembaga penjamin simpanan daerah untuk menjamin Lembaga Keuangan Mikro LKM. Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Firdaus Djailani mengatakan, pembentukan LPS daerah bertujuan  memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ingin menyimpan uangnya di LKM. Kata dia, jaminan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat kecil di pedesaan.

“Di undang-undang, Pemerintah Provinsi bisa membuat semacam Lembaga Penjamin Simpanan LKM. Jadi masyarakat tidak ragu untuk menabung. Terutama masyarakat kecil di pedesaan karena ada penjaminnya begitu,” jelas Firdaus dalam Program Sarapan Pagi KBR68H, Selasa (7/1).

Komisioner OJK Firdaus Djailani menambahkan, lembaganya juga akan melakukan pelatihan kepada calon pengawas yang dikirimkan Pemda. Diharapkan dengan pelatihan tersebut kemampuan pengawasan di semua daerah dapat terstandarisasi.

Pada 2015 mendatang, Pemerintah Daerah akan mengawasi lembaga keuangan mikro. Sementara Otoritas Jasa Keuangan OJK akan mengawasi fungsi tersebut. Pengawasan tersebut merupakan amanat Undang-Undang  Lembaga Keuangan Mikro yang disahkan pada Januari 2013 lalu.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mengenang Sosok Artidjo Alkostar

Kabar Baru Jam 7

Inisiatif Daur Pangan di Masa Pandemi

Mama 'AW': Menerobos Semak Berduri