NASIONAL

Kominfo Tampung Keluhan Konsumen 4G LTE

"KBR68H, Jakarta "

Doddy Rosadi

Kominfo Tampung Keluhan Konsumen 4G LTE
kominfo, 4G LTE, keluhan, bolt

KBR68H, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat yang mempunyai keluhan terkait buruknya layanan  internet 4G berbasis Long Term Evolution (LTE) dari Internux. Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot Dewabroto mengungkapkan, keluhan bisa langsung disampaikan ke nomor  telepon 159. Kata dia, nomor tersebut merupakan call center Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

Gatot mengaku sudah menerima keluhan terkait buruknya layanan internet 4G LTE dengan broadband 2.300 Mhz yang dikelola oleh Internux melalui produk Bolt. Saat ini, Kementerian Kominfo belum akan melakukan evaluasi terkait kasus ini.

“Kami baru sekadar menampung saja, karena memang sudah ada keluhan dari konsumen, kok internetnya lelet padahal iklannya itu bilang internet super cepat. Kami berharap provider tidak melakukan kebohongan publik. Karena itu, semua keluhan akan ditampung terlebih dahulu sebelum dilakukan evaluasi,”kata Gatot ketika dihubungi KBR68H, Rabu (15/1).

Gatot menambahkan, keluhan bisa disampaikan ke call center BRTI tersebut pada Senin hingga Jumat sesuai jam kerja.

Internux merupakan operator telekomunikasi Indonesia pertama yang resmi memberikan layanan generasi ke-4 atau 4G dengan teknologi LTE.  Jaringan 4G LTE Internux menggunakan frekuensi 2,3 GHz dengan menerapkan teknologi time division duplex long term evolution (TDD LTE).

Di frekuensi tersebut, Internux menggunakan lebar pita 15 GHz untuk menggelar 4G LTE. Jaringan 4G LTE Internux mencakup kawasan Jabodetabek. Produk Internux diberi nama Bolt yang menawarkan kecepatan akses internet hingga 75 Mbps. Internux menargetkan Bolt akan makin berkembang dimana di awal ditargetkan akan dapat menjaring 10 juta pengguna di Jabodetabek dan di 2015 sudah akan ada 3.500 menara BTS untuk meningkatkan kualitas layanan.


Internux memenangkan tender untuk menggunakan frekuensi 2,3 GHz pada 2009 lalu. Provider lain yang juga ikut pada tender itu antara lain IM2, Telkom dan First Media. Selain frekuensi 2,3 GHz, pemerintah juga berencana akan melelang frekuensi 1,8 GHz pada kuartal ketiga tahun ini. Frekuensi 1,8 GHz mempunyai kualitas yang lebih bagus dibandingkan 2,3 GHz.

  • kominfo
  • 4G LTE
  • keluhan
  • bolt

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!