Kemendag Panggil 165 Importir Beras

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan segera memanggil 165 pengusaha importir beras yang diduga terlibat impor beras ilegal dari Vietnam.

NASIONAL

Selasa, 28 Jan 2014 20:43 WIB

Author

Evelyn Valanta

Kemendag Panggil 165 Importir Beras

kemendag, beras, ilegal

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan segera memanggil 165 pengusaha importir beras yang diduga terlibat impor beras ilegal dari Vietnam.

Pemanggilan pengusaha dilakukan secara bertahap. Sekretaris Direkorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi mengaku sudah menemukan sejumlah indikasi kecurangan dalam impor tersebut. Pemanggilan untuk mengklarifikasi indikasi kecurangan tersebut.

"Kita sudah panggil beberapa jadi masih perlu disimpulkan, tetapi sudah mengarah kepada beberapa pelanggaran yang nantinya perlu ditindaklanjuti gitu. Kasih kami waktulah, karena enggak semudah itu menseleksi dari 165 itu mana yang salah, tapi kita memang mengarah kesana. Ya, bertahap," kata Bachrul Chairi.

Sebelumnya, seorang pedagang pasar Cipinang bernama Billy Haryanto melaporkan keberadaan impor beras asal Vietnam jenis medium. Pedagang itu melaporkan kepada rombongan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa yang sedang melakukan inspeksi di Pasar Induk Cipinang, pekan lalu.

Laporan ini ditindaklanjuti tim Menkoperekonomian, dan menemukan sebanyak 16 ribu ton beras asal Vietnam diimpor secara diam-diam. Namun, Dirjen Bea dan Cukai mengatakan impor beras tersebut legal dan mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pedagangan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Penyangkal Iklim dan Bencana Alam

Pesantren Khusus Disabilitas di Banyuwangi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12