NASIONAL

Dana Pengelolaan Taman Nasional Masih Minim

"Kementerian Kehutanan mengakui rendahnya dana pengelolaan taman nasional menyebabkan pengelolaan taman nasional di seluruh Indonesia tidak optimal. Dana operasional pengelolaan taman nasional di Indonesia hanya 1,6 dolar per hektar."

Muliarta

Dana Pengelolaan Taman Nasional Masih Minim
taman nasional

KBR68H, Buleleng - Kementerian Kehutanan mengakui rendahnya dana pengelolaan taman nasional menyebabkan pengelolaan taman nasional di seluruh Indonesia tidak optimal. Dana operasional pengelolaan taman nasional di Indonesia hanya 1,6 dolar per hektar. 


Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan, Sony Partono mengatakan, dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand dana pengelolaan taman nasional di Indonesia sangat rendah. Kata Dia, Malaysia mengalokasikan 32 dolar per hektar dan Thailand itu 40 dolar per hektar


“Kita memang untuk taman nasional pengelolaanya sangat minim. Kita hanya mengandalkan APBN, yang jelas kita tidak melihat dolarnya tetapi kita indikatornya kalau masyarakat di sini bisa hidup tenteram, tidak mengganggu hutan, itulah, yang terpenting itu” tegas Sony Partono


Sony Partono menambahkan, perlu ada usaha untuk melibatkan pihak-pihak swasta dalam mengelola kelestarian di taman nasional di Indonesia. Selain itu perlu melibatkan masyarakat sekitar taman nasional untuk turut menjaga kelestarian taman nasional yang ada.


Editor: Antonius Eko 

  • taman nasional

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!