NASIONAL

Cadangan Devisa Akhir Desember $99,4 Miliar

"KBR68H, Jakarta - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2013 tercatat sebesar $99,4 miliar. Jumlah itu meningkat US$2,4 miliar dibandingkan posisi akhir November 2013 sebesar $97 miliar."

Doddy Rosadi

Cadangan Devisa Akhir Desember $99,4 Miliar
cadangan devisa, bank indonesia, desember 2013

KBR68H, Jakarta - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2013 tercatat sebesar $99,4 miliar. Jumlah itu meningkat US,4 miliar dibandingkan posisi akhir November 2013 sebesar $97 miliar. 

Pada level tersebut, cadangan devisa dapat membiayai 5,6 bulan impor atau 5,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional.
Bank Indonesia memandang akumulasi cadangan devisa tersebut akan semakin memperkuat ketahanan sektor eksternal.

“Meningkatnya jumlah cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari respon kebijakan Bank Indonesia untuk terus mengendalikan defisit transaksi berjalan menurun ke tingkat yang lebih sehat dan berkesinambungan serta menjaga stabilitas nilai rupiah sesuai dengan kondisi fundamentalnya,”kata Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacob, dalam keterangan pers yang diterima KBR8H, Rabu (8/1).

Cadangan devisa adalah simpanan oleh bank sentral dan otoritas moneter. Simpanan ini merupakan aset/aktiva bank sentral yang tersimpan dalam beberapa mata uang cadangan seperti dollar, euro, yen. Dalam Undang-Undang Bank Indonesia dirumuskan bahwa Bank Indonesia mengelola cadangan devisa. Dalam rangka pengelolaan cadangan devisa tersebut, Bank Indonesia melaksanakan berbagai jenis transaksi devisa serta dapat menerima pinjaman luar negeri.

Pengelolaan cadangan devisa (Foreign Exchange Reserve) oleh Bank Indonesia dilakukan melalui berbagai jenis transaksi devisa yaitu menjual, membeli, dan/atau menempatkan devisa, emas dan surat-surat berharga secara tunai atau berjangka termasuk pemberian pinjaman. Dalam melakukan pengelolaan cadangan devisa, Bank Indonesia mempertimbangkan 3 (tiga) azas utama dengan skala prioritas, yaitu likuiditas (liquidity), keamanan (security) tanpa mengabaikan prinsip untuk memperoleh pendapatan yang optimal (profitability). 


  • cadangan devisa
  • bank indonesia
  • desember 2013

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!