Rabu, 50 Ribu Buruh Datangi Istana

NASIONAL

Senin, 14 Jan 2013 10:15 WIB

Author

Pebriansyah Ariefana

Rabu, 50 Ribu Buruh Datangi Istana

KSBSI, UMP 2013, Upah Minimum, Buruh

KBR68H, Jakarta - Serikat Buruh akan kembali demonstrasi besar-besaran di Jakarta. Buruh kebanyakan akan datang dari kawasan Tangerang, Bogor dan Bekasi.

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir menyatakan demo itu akan dilakukan secara bergelombang sampai Febuari.

Aksi gelombang pertama akan dilakukan pada Rabu, 16 Januari mendatang. KSBSI akan melibatkan sekitar 50 ribu buruh mendatangi Istana Negara.

"Aksi bergelombang ini dimulai 16 Januari. Kemudian ada juga nanti bulan Februari. Kita buat aksi bergelombang, karena kalau aksinya cuma satu kali nanti tidak ada lagi aksi berikutnya," kata Mudhofir.

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir menambahkan demo ini dilakukan karena banyaknya perusahaan yang mengajukan permintaan penangguhan Upah Minimum Provinsi 2013.

Aksi itu juga untuk memprotes perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta dan sekitarnya, yang hingga kini belum membicarakan kenaikan upah sebesar 40 persen pada tahun 2013 ini.

Kementerian Tenaga Kerja sudah menerima lebih dari 1,300 permintaan penangguhan pembayaran UMP 2013. Sekitar 900 diantaranya dari Jakarta dan sekitarnya.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18