NASIONAL

Putusan MK: Lambang Garuda Boleh Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Guruh Dwi Rianto

Putusan MK: Lambang Garuda Boleh Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari
Mahkamah Konstitusi, Lambang negara, Garuda

KBR68H, Jakarta – Mahkamah Konstitusi membatalkan pembatasan penggunaan lambang negara berdasarkan Undang-Undang tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Negara.

Dengan begitu, setiap warga negara dibolehkan menggunakan lambang negara, burung Garuda dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengatakan, pembatasan ini merupakan pengekangan terhadap ekspresi dan apresiasi warga negara akan identitasnya.

"Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 dan seterusnya, amar putusan mengadil, menyatakan: Pertama, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Pasal 57 huruf D Undang-undang no 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu negara bertentangan dengan UUD 1945," kata Mahfud.

Permohonan uji materi ini diajukan Koalisi Gerakan Bebaskan Garuda Pancasila. Mereka menganggap pelanggaran untuk penggunaan lambang negara telah membuka ruang diskriminasi dan kriminalisasi warga negara yang hendak menggunakannya.

Dua orang pemohon, yaitu Erwin Agustian dan Eko Santoso, pernah menjalani hukuman percobaan karena menggunakan lambang negara Garuda dalam stempel organisasi.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Purwakarta menghukum dua buruh tersebut selama satu bulan penjara dengan masa percobaan tiga bulan penjara.

Mereka dipidanakan karena menggunakan stempel berlambangkan mirip lambang negara Garuda untuk keperluan pemilihan ketua serikat pekerja PT Sumi Indo Wiring System. Erwin dan Eko diseret ke pengadilan diduga karena ada upaya perusahaan mencegah pendirian serikat pekerja.


  • Mahkamah Konstitusi
  • Lambang negara
  • Garuda

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!