Bagikan:

Penulisan Buku Induk Ajar Kurikulum 2013 Selesai Maret

NASIONAL

Kamis, 17 Jan 2013 15:09 WIB

Penulisan Buku Induk Ajar Kurikulum 2013 Selesai Maret

Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan, Guru

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan pengadaan buku induk pelajaran untuk siswa dan Pedoman Guru sesuai kurikulum 2013 akan selesai paling lambat Maret mendatang.

Juru Bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibnu Hamad mengatakan, buku ini nantinya akan menjadi panduan persiapan para guru ahli atau master teacher yang akan membantu sosialisasi penerapan kurikulum 2013.

"Ditargetkan di bulan-bulan Februari atau Maret. Sekarang masih dalam proses penulisan. Buku ini kalau sudah jadi akan dikuasai betul oleh pelatih nasional. Setelah pelatih nasional menguasai betul dan menyiapkan sistem pelatihannya, dalam hal ini melalui BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia), lalu giliran master teacher dilatih," kata Ibnu Hamad.

Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menerapkan kurikulum baru tingkat SD hingga SMA.

Perubahan dalam kurikulum ini di antaranya peleburan pelajaran IPA dan IPS ke dalam mata pelajaran lainnya di tingkat SD.

Kementerian Pendidikan mengklaim Kurikulum Pendidikan 2013 bakal lebih mengakomodasi pendidikan karakter dibandingkan pengetahuan faktual siswa. 

Di samping itu ada pengurangan jumlah mata pelajaran, seperti mata pelajaran SD berkurang dari 10 menjadi enam mata pelajaran.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending