Nike Akan Buka Dua Pabrik Baru di Indonesia?

NASIONAL

Senin, 14 Jan 2013 23:20 WIB

Author

Sasmito

Nike, Sweatshop, Buruh, Upah murah, Jim Keady

KBR68H, Jakarta - Perusahaan sepatu dan perlengkapan olahraga Nike akan menambah pabriknya di daerah Semarang, Jawa Tengah dan Sukabumi, Jawa Barat.

Kabar itu disampaikan aktivis pembela buruh Nike Jim Keady, yang juga Direktur Educating for Justice. Menurut Jim Keady, pembukaan pabrik baru ini membuktikan jika kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 40 hingga 70 persen di Indonesia tidak menyebabkan investor kabur.

Jim mengatakan hingga saat ini belum ada rencana dari Nike untuk hengkang dari Indonesia karena masalah kenaikan UMP.

"Bahwa ada pengusaha dan pejabat yang mengatakan kalau buruh menekan pengusaha untuk menaikkan upah, dalam hal ini Nike, maka mereka akan kabur. Itu sama sekali tidak benar. Karena data ini menunjukkan sebaliknya. Mereka mulai komitmen yang kuat meningkatkan pabriknya di Indonesia," kata Jim Keady dalam sebuah diskusi di Jakarta, hari ini.

Jim Keady merupakan pendiri sekaligus Direktur Educating for Justice, sebuah LSM global yang khusus mengadvokasi buruh Nike.

Menurut data LSM tersebut, di Indonesia Nike telah memiliki 40 pabrik dengan 710 ribu buruh.

Sebelumnya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengklaim investasi di Indonesia bakal terganggu karena kenaikan UMP dan UMK di daerah-daerah. Selain itu, aksi para buruh yang berunjuk rasa meminta kenaikan UMP membuat para investor hengkang.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Utang Negara Kian Meningkat

Kabar Baru Jam 7