Bagikan:

Kosasih: Sejumlah Anggota DPR Titip Proyek PLTS

Sejumlah anggota DPR dituding menitipkan perusahaannya agar dimenangkan dalam proyek pengadaan sistem listrik rumahan tenaga surya di Kementerian ESDM. Proyek itu diadakan pada tahun anggaran 2007-2008.

NASIONAL

Rabu, 16 Jan 2013 20:25 WIB

Author

Nurika

Kosasih, PLTS

KBR68H, Jakarta - Sejumlah anggota DPR dituding menitipkan perusahaannya agar dimenangkan dalam proyek pengadaan sistem listrik rumahan tenaga surya di Kementerian ESDM. Proyek itu diadakan pada tahun anggaran 2007-2008.

Tudingan itu disampaikan terdakwa korupsi kasus yang sama, Kosasih Abbas di Pengadilan Tipikor Jakarta. Kosasi menyebut salah satu anggota Komisi Energi DPR, Gusti Iskandar pernah menemuinya meminta bagian sebesar 40 persen.

"Jadi setelah ketemu dengan Gusti Iskandar, saya ditelepon langsung oleh Gusti Iskandar untuk menemui Helman Heri. Rupanya, pada pertemuan itu, Helman Heri akan bekerjasama untuk mendapatkan 40 persen ini. Bahkan, saya ingat perkataan Helman: jika anda macam-macam, saya akan acak-acak ESMD. Tapi saya juga tidak tahu maksudnya," jelas Kosasih Abbas.

Nama lain yang disebut antara lain Rahman Pelu, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Andi Syahreza, Nizar Dahlan, serta Dony Yusdiantoro, adik Menteri ESDM saat itu Purnomo Yusgiantoro, dan Yusril Nasution.

Dalam kasus tersebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan dua tersangka, yaitu Jacobus Purnomo dan Kosasih. Dua orang ini diduga membantu dan memenangkan perusahaan-perusahaan kenalan dalam proyek itu. Atas perbuatannya ini negara mengalami kerugian sebesar 144 miliar rupiah.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending