Kementan Minta Menkeu Anggarkan Pembelian Kedelai

NASIONAL

Senin, 07 Jan 2013 09:32 WIB

Author

Nurika Manan

Kementan Minta Menkeu Anggarkan Pembelian Kedelai

HPP, kedelai

KBR68H, Jakarta – Kementerian Pertanian  meminta Menteri  Keuangan mengalokasikan anggaran  negara untuk pembelian kedelai petani lokal. Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, alokasi anggaran sebagai dana talangan bagi Bulog agar mampu membeli kedelai petani lokal dengan HPP Rp 7.000. Angka patokan  Rp 7000,  menurut Rusman  didasari  harga kedelai dunia masih sangat tinggi.

"Kecuali memang harus mengganggu APBN. Harus ada keberanian dari Kementerian Keuangan. Masalahnya cuma tinggal di situ. Ya akhirnya anggaran yang diberikan (kepada Bulog) itu untuk petani sebenarnya. Bulog kan sebagai intermediate saja. Jika dalam situasi sekarang itu kan nggak ada cara lain, karena harga kedelai dunia masih tinggi,"jelas Rusman,

Saat ini, HPP kedelai sebesar Rp 6500 per kg, sementara itu Kementerian Pertanian telah meminta kenaikan HPP Kedelai menjadi Rp 7000 per kg. Penaikan HPP kedelai ini diperlukan untuk mendongkrak produksi kedelai dalam negeri.
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Menyoal Program Restrukturisasi Jiwasraya

Kabar Baru Jam 8

Kapan Kekebalan Terbentuk Usai Vaksinasi Covid-19?

Kabar Baru Jam 10