NASIONAL

Kemenhub Uji Coba ATP Untuk Mencegah Kecelakaan Kereta Api

Kemenhub Uji Coba ATP Untuk Mencegah Kecelakaan Kereta Api

KBR68H, Jakarta - Untuk mencegah kecelakaan kereta api, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, berencana melakukan uji coba penggunaan alat ATP (Automatic Train Protection), akhir bulan ini. ATP akan dipasang di ruas rel antara Solo dan Yogyakarta.

Menurut Direktur Keselamatan Perkeretaapian, Hermanto Dwiatmoko, ATP adalah perangkat keselamatan yang bisa melakukan pengereman dan pengaturan kecepatan kereta secara otomatis, berdasarkan informasi dari sinyal batas kecepatan yang diizinkan.

“Saat dibutuhkan sistem ATP akan melakukan pengereman guna meningkatkan nilai keselamatan perjalanan kereta, bila masinis kurang memperhatikan sinyal atau tidak menurunkan kecepatan pada lintasan yang ada pembatasan kecepatan atau pada jalur lengkung,” jelas Hermanto.

Dalam keterangan pers yang diterima Portalkbr.com, uji coba akan dilakukan pada tiga titik, yaitu menjelang stasiun Delanggu, Klaten dan Lempuyangan.  Salah satu penyebab kecelakaan kereta api selama ini, adalah pelanggaran sinyal, yang berakibat terjadinya  tabrakan antarkereta atau kereta anjlog. Dengan peralatan ATP, kelalaian tersebut bisa dihindarkan atau setidaknya diminimalisir.

  • uji coba
  • ATP
  • kereta api

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!