NASIONAL

Infokan Ketinggian Gelombang Laut, BMKG Gandeng KKP

Infokan Ketinggian Gelombang Laut, BMKG Gandeng KKP

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memberikan informasi dini gelombang laut.

Kepala Bidang Meteorologi Maritim BMKG Agus Wahyu Raharjo menuturkan, informasi ini dapat berguna bagi nelayan untuk mengetahui tingginya gelombang laut. Nantinya informasi tersebut bakal disebar melalui faksimili, email, atau SMS.

"Saat ini kita kerjakan bersama KKP agar informasi tersebut dapat sampai ke nelayan. Karena kalau kapal-kapal besar itu, gelombang 3 meter mungkin tidak menjadi masalah. Mereka baru akan terpengaruh pada gelombang yang tingginya di atas 5 meter. Nelayan ini lah yang sebetulnya kasihan. Tak jarang mereka nekat melaut, sedangkan gelombang masih tinggi. Mereka juga kerap menunggu hingga beberapa hari tak melaut. Nah inilah yang dikerjakan oleh kami dan juga KKP. Agar informasi tersebut bisa sampai kepada nelayan. Tujuannya mengurangi korban bencana gelombang tinggi tersebut,” kata Agus.

Kepala BMKG Agus Wahyu menambahkan, ada 142 wilayah perairan di seluruh wilayah nusantara yang telah dipantau BMKG untuk mendeteksi dini cuaca ekstrem yang terjadi di laut.

Selain itu, pihaknya juga membuat kartu khusus bagi para nelayan untuk membantu nelayan mengetahui info cuaca. Ini diberlakukan sejak 2 Desember 2012.

  • gelombang tinggi
  • perairan indonesia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!