Hari Ini BPPT & BNPB Gelar Aksi 'Tangkal' Hujan

NASIONAL

Sabtu, 26 Jan 2013 16:19 WIB

Author

Damar Fery Ardian

Hari Ini BPPT & BNPB Gelar Aksi 'Tangkal' Hujan

Modifikasi cuaca hujan, Menangkal hujan, BNPB, BPPT

KBR68H, Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar operasi modifikasi cuaca di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta hari ini.


Kepala Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan, Tri Handoko Seto mengatakan, operasi itu dilakukan guna menangkal hujan berinstensitas tinggi turun di wilayah Jakarta.


Modifikasi cuaca ini akan dilakukan dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI.


"Kita postingnya di Halim Perdana Kusuma. Area kerjnaya ya sampai radius 200 KM dari posko. Di Halim itu membutuhkan pesawat untuk menghujankan awan-awan yang mau masuk Jakarta. Kalau di Jakarta, kita pastikan dia jatuh dulu sebelum masuk ke Jakarta. Biar hujan di luar Jakarta, kalau sekarang kita mengantisipasi awan-awan dari laut yang masuk Jakarta, kita hujankan dulu di lautan," kata Tri Handoko Seto.


Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengkaji secara teknis modifikasi cuaca.


Kedua lembaga ini menilai, modifikasi cuaca itu perlu dilakukan karena adanya peningkatan curah hujan di Jakarta dan sekitarnya pada Januari-Februari mendatang. Teknologi ini dipercaya bisa menangkal curah hujan tinggi di wilayah Jakarta.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik