NASIONAL

BMKG Minta Nelayan Waspada Gelombang Tinggi

BMKG Minta Nelayan Waspada Gelombang Tinggi

KBR68H, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gelombang laut setinggi 2 hingga 3 meter akan terjadi di wilayah perairan Sumatera Selatan, NTT, Bangka Belitung, kepulauan Riau, dan laut Jawa.

Di perairan sebelah utara dan selatan NTT, ombak diperkirakan lebih dari 3 meter. Prakirawan BMKG, Syaefudin mengatakan, nelayan dengan perahu kecil mesti berhati-hati.

"Kalau saya kira untuk ketinggian lebih dari 2 meter untuk nelayan-nelayan yang perahunya kecil harus selalu waspada, karena, terutama untuk nelayan yang akan beraktivitas di wilayah selatan Jawa. Itu yang beberapa hari ke depan akan sangat signifikan. Iya, kalau untuk penyeberangan, kondisi yang cukup baik dalam beberapa hari ke depan, tapi untuk hari ini dan besok masih cukup signifikan, tetapi saya kurang tahu apakah masih bisa dilalui atau tidak,” kata Syaefudin.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Syaefudin menambahkan, gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia tersebut diakibatkan angin kencang dari wilayah laut Cina Selatan, dan Australia. BMKG memperkirakan gelombang tinggi tersebut akan terjadi selama beberapa hari ke depan.

  • gelombang tinggi
  • perairan indonesia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!