NASIONAL

Bawaslu Siap Tangani Laporan dari Parpol Gagal Verifikasi

"Badan Pengawas Pemilihan Umum mengaku telah menyiapkan tim khusus untuk menerima laporan dari partai politik yang dinyatakan gagal maju dalam Pemilu 2014."

Nurika Manan

Bawaslu Siap Tangani Laporan dari Parpol Gagal Verifikasi
verifikasi parpol, bawaslu

KBR68H, Jakarta- Badan Pengawas Pemilihan Umum mengaku telah menyiapkan tim khusus untuk menerima laporan dari partai politik yang dinyatakan gagal maju dalam Pemilu 2014. Ketua Bawaslu, Muhammad menyarankan agar mereka segera melapor supaya proses penanganannya lebih efektif. Selain itu dia juga telah menyusun prosedur yang ampuh dalam sengketa pemilu tersebut.
 
"Kalau regulasi sudah dari dulu, sekarang kita siapkan tim. Ada pokja yang hari demi hari menunggu di kantor untuk menerima laporan. Dan kita sudah menyusun SOP untuk menangani sengketa ini sehingga bentuk penanganan akan semakin jelas. Semua akan kita berikan kepada partai, bagaimana mereka harus melengkapi berkas (pelaporan) dan seterusnya,"jelasnya.

Ketua Bawaslu, Muhammad menambahkan, pihaknya akan mulai menerima laporan sengketa Pemilu lusa mendatang. Selanjutnya, Bawaslu memiliki waktu dua minggu untuk memproses laporan tersebut. Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan data pembanding yang akan digunakan untuk menyandingkan data miliknya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ketika terjadi sengketa Pemilu. Saat ini rapat pleno terbuka penetapan partai politik peserta Pemilu 2014 masih terus berlangsung. Belum ditetapkan Parpol mana saja yang lolos. Rapat berlangsung alot lantaran masing-masing Parpol berkeras menyampaikan keberatannya terhadap proses verifikasi faktual.

  • verifikasi parpol
  • bawaslu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!