Diet Keto, Cara Langsing dengan Makan Daging

Diet keto ini bisa membuat tubuh seseorang berada dalam kondisi metabolis yang sama seperti orang berpuasa, namun tanpa harus merasa lapar.

DIET

Selasa, 08 Jan 2019 14:05 WIB

Author

Adi Ahdiat

Diet Keto Cara Langsing dengan Makan Daging

Ilustrasi: Diet Keto Cara Langsing dengan Makan Daging (Foto: Craig Dennis/pexels)

Banyak makan daging bikin gemuk? Belum tentu. Dengan pola diet ketogenic, yang juga populer disebut “diet keto”, ternyata kita bisa menurunkan berat badan dengan banyak mengonsumsi daging.

Diet keto dijalankan dengan menurunkan asupan karbohidrat ke tubuh. Karena itu, makanan – makanan seperti nasi, kentang, ubi dan berbagai produk olahan gandum dihindari serta dikonsumsi dalam batas yang sangat minimal. 

Sebagai gantinya, diet keto menaikkan asupan lemak dari yang normalnya berkisar antara 20% – 30% menjadi 60% – 70%. Makanan berlemak yang dianjurkan adalah daging merah seperti steak, daging ham, sosis, kalkun, ayam, ikan salmon, ikan tuna dan juga sarden.

Di samping daging, metode ini juga menganjurkan konsumsi makanan lain yang mengandung lemak tinggi dan protein pada takaran sedang. Beberapa contohnya adalah mentega, keju cheddar, keju mozzarella, telur, serta susu full fat. Ada juga produk-produk makanan dengan lemak tidak sehat yang harus dihindari seperti minyak goreng olahan dan mayonais.

Diet Keto Membakar Lemak Lebih Efektif

Dalam salah satu artikelnya, Dr. Andreas Eenfeldt, CEO dari DietDoctor.com, menjelaskan bahwa diet keto bisa membakar lemak lebih efektif daripada kondisi normal. 

Saat asupan karbohidrat dibatasi, maka tubuh akan kekurangan energi. Saat kondisi itu terjadi, maka hati akan membakar lebih banyak persediaan lemak untuk menghasilkan asam yang disebut “keton”. Zat inilah yang kemudian berguna sebagai sumber energi pengganti karbohidrat.

Proses pembakaran lemak itu kemudian akan menghasilkan sejumlah manfaat. Manfaat yang paling umum dirasakan adalah penurunan berat badan. Dengan mengurangi karbohidrat dan meningkatkan porsi pembakaran lemak dalam tubuh, berat badan seseorang bisa turun secara cukup signifikan.

Berbagai Manfaat Lain Diet Keto

Bukan cuma membuat langsing, metode diet ini punya cukup banyak manfaat lain, di antaranya adalah mengontrol nafsu makan. Menurut Dr. Andreas Eenfeldt diet ini bisa membuat kita tidak mudah merasa lapar, sekaligus mampu menekan keinginan untuk ngemil. Dengan begitu, orang-orang yang menerapkan diet ini sekaligus bisa terhindar dari eating disorder seperti bulimia. 

Pembatasan asupan karbohidrat juga berfungsi mengontrol kandungan gula darah, meningkatkan konsentrasi serta meningkatkan stamina tubuh. Sejumlah studi juga menyebutkan manfaat lain seperti merawat kesehatan jantung, mencegah Alzheimer, terapi untuk kanker, serta terapi untuk epilepsi.

Dr. Andreas Eenfeldt bahkan menyebutkan bahwa diet keto ini bisa membuat tubuh seseorang berada dalam kondisi metabolis yang sama seperti orang berpuasa, namun tanpa harus merasa lapar. 

Diet Keto Tidak Cocok Untuk Semua Orang

Sudah ada banyak orang yang membuktikan kemanjuran diet keto, mulai dari kalangan masyarakat umum sampai kalangan selebriti. Tapi ternyata diet ini tidak cocok untuk semua orang. Ada juga sebagian orang yang malah mengalami gangguan kesehatan.

Dr. Andreas Eenfeldt menyebutkan bahwa pembatasan asupan karbohidrat ke tubuh bisa mengakibatkan gejala depresi ringan. Gejala-gejala seperti lesu, lekas marah dan pandangan berkabut bisa muncul dalam periode satu sampai dua minggu pertama diet. Dalam banyak kasus, semua gejala itu bisa hilang dalam beberapa minggu selanjutnya. Tapi dalam beberapa kasus lain, ada pula orang-orang yang merasa sangat tidak nyaman hingga merasa trauma.

Metode terapi ini juga tidak boleh sembarangan dilakukan oleh penderita diabetes dan penderita darah tinggi. Bila diet keto dijalankan bersamaan dengan konsumsi obat-obat tertentu, hasil yang timbul bisa jadi berbahaya.

Karena itu, sebelum menjalani diet ini sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dulu tentang seluk-beluk dan berbagai risikonya. Berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter juga merupakan pilihan yang bijaksana.

(Dari berbagai Sumber)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.