Bagikan:

Anda Mengalami Susah Tidur? Coba Lakukan Hal Ini

Pernahkah anda terjebak dalam situasi susah tidur? Sudah melakukan berbagai cara tapi tetap saja tidak berhasil? Berikut kami berikan tips untuk mengatasinya

KESEHATAN

Jumat, 29 Jul 2022 10:50 WIB

tidur

Ilustrasi (Antara)

Pernahkah anda terjebak dalam situasi susah tidur? Sudah melakukan berbagai cara tapi tetap saja tidak berhasil. Sebelum kami memberi tips bagaimana menangani sulit tidur, alangkah baiknya kita beda apa saja penyebab sulit tidur di malam hari.

Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin membuat anda susah tidur :

1. Stres

Penyebab salah satu yang paling umum ditemukan dalam kasus susah tidur di malam hari adalah stres. Cobalah untuk mengatur pikiran anda. Tujukan ke arah hal-hal yang positif jangan pikirkan hal-hal negatif.

2. Overthinking

Berbeda dengan stres, overthinking adalah kondisi dimana anda memikirkan hal-hal yang sepatutnya tidak anda pikirkan. Jika stres biasa dipicu oleh masalah, namun overthinking anda bisa jadi tidak mempunyai masalah, tapi masalahnya adalah ada di dalam pikiran anda. Tipsnya adalah anda tidak usah berfikir terlalu jauh karena hal yang anda pikirkan belum tentu terjadi.

3. Terlalu Banyak Makan

Jika anda makan dalam porsi besar sebelum anda berbaring di tempat tidur, itu akan membuat anda begah. Langsung tertidur setelah makan berat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada lambung. Misalnya nyeri ulu hati dan naik asam lambung.

4. Bermain Gadget Terlalu Lama di Malam Hari

Gadget memiliki radiasi yang cukup mengganggu kesehatan anda. Apabila anda ingin tidur cepat sebaiknya anda tidak bermain gadget cukup lama di malam hari.

5. Anda Tidak Nyaman

Anda merasa tidak nyaman dengan suhu, tempat tidur, kebisingan atau pencahayaan yang ada. Bisa jadi penyebab anda susah tidur karena anda belum menemukan kenyamanan anda.

Baca juga:

Pengidap Gangguan Mental Meningkat, Mayoritas Tidak Berobat

6 Tips Cara Mengatur Waktu dengan Baik

Tips Mengatasi Susah Tidur

1. Arahkan pikiran anda untuk tenang

Dari pembahasan di atas stres adalah faktor utama mengapa anda memiliki masalah pada jam tidur anda. Cobalah untuk mengatur pikiran yang lebih baik, jika berdoa atau bermeditasi membuat anda tenang cobalah hal tersebut sebelum anda tidur.

2. Berolahraga

Olahraga membuat anda memiliki badan yang bugar, tentunya akan membuat anda lelah juga dan membuat anda gampang untuk tidur di malam hari. Berolahragalah setidaknya 2 kali seminggu

3. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya berguna bagi kesehatan anda saja, namun juga bagi kualitas tidur anda. Sebaiknya hindari konsumsi makanan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks saat malam hari. Sebab makanan tersebut dapat membuat kerja sistem pencernaan yang membuat tubuh sulit istirahat.

4. Hindari Mengkonsumsi Kafein

Hindari konsumsi ini di malam hari, seperti minum kopi berlebihan. Karena kafein dapat menyulitkan Anda merasa ngantuk atau tidur jika mengkonsumsinya terlalu banyak.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membuat otot-otot di tubuh anda relax, mungkin anda dapat menggunakan metode ini sehabis anda berolahra.

Selamat mencoba tips tips di atas.

Sumber :

Causes of Insomnia

Simple Tips That Help You Fall Asleep Quickly

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Mendorong Vaksinasi Booster untuk Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 di Akhir Tahun