KABAR BISNIS

[Advertorial] Mensos Serukan Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas

"Di antara tantangan yang dihadapi saat ini dalam pemberdayaan disabilitas adalah fasilitas umum yang masih kurang memadai"

[Advertorial] Mensos Serukan Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif mewujudkan kesetaraan bagi para penyandang disabilitas.  Hal ini diungkapkan saat melepas sekitar 1000 penyandang disabilitas peserta jalan sehat dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019.

"Melalui gerak jalan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk terus bergerak mewujudkan hak-hak penyandang disabilitas dan meniadakan diskriminasi," kata Mensos usai melepas peserta Gerak Jalan Sehat bersama 1000 penyandang disabilitas di area Car Free Day (CFD) Gelora Bung Karno. di Jakarta, Minggu (01/12/2019)

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia 2003 2011 itu terus mendorong, agar sikap Inklusif terhadap penyandang disabilitas terus diperkuat baik di kalangan pemerintah,  swasta, maupun masyarakat. Menurut Mensos, setidaknya ada lebih dari 2% penyandang disabilitas dari berbagai ragam membaktikan tenaga dan pikirannya di lingkungan kantor Kementerian Sosial.

Lebih jauh, Mensos Ari menyatakan, di antara tantangan yang dihadapi saat ini dalam pemberdayaan disabilitas adalah fasilitas umum yang masih kurang memadai.

Mensos berharap, selain memberikan  kebugaran fisik dan kesegaran pikiran,  kegiatan ini juga dapat membangun rasa kebersamaan antara penyandang disabilitas dan non disabilitas menuju Indonesia Inklusi sejalan dengan TEMA HDI 2019 Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul.

"Maka mari kita melangkah bersama. Kita bangun kesetaraan dan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan, dan kita pastikan tidak ada satupun yang tertinggal, termasuk penyandang disabilitas, " kata Mensos.

Mensos melepas para penyandang disabilitas dalam acara jalan sehat dari Pintu 6 Gelora Bung Karno,  menuju Pintu 7.  Selain mengikuti kegiatan jalan sehat, Mensos juga menyempatkan diri mengunjungi booth pameran perlengkapan dan alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan dimeriahkan dengan berbagai hiburan marching band dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN)  Tan Minat, lagu bahasa isyarat dariBalai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rungu Wisata (BRSPDRW) Melati, dan stand up comedy oleh komika penyandang disabilitas Dani Aditya.

Selain Mensos dan keluarga, turut hadir pula Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto, Inspektur Jenderal Dadang Iskandar, Sekretaris Jenderal Hartono Laras, Kepala Badiklit Pensos Syahabudin, Dirjen Dayasos Pepen Nazarudin, dan Dirjen Linjamsos Harry Hikmat.

Peringatan HDI juga diselenggarakan di berbagai wilayah di Indonesia. Penetapan HDI setiap tanggal 3 Desember merupakan mandat dari Resolusi PBB Nomor 47/3 Tahun 1992 yang diperkuat oleh UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

  • kemensos

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!