[Advertorial] SDM PKH Wujudkan Kemandirian Penerima Bansos

SDM PKH memiliki peran besar dalam mendorong pemberdayaan menjadi gerakan sosial untuk mempercepat penerima manfaat berdaya dan mandiri secara sosial ekonomi

KABAR BISNIS

Kamis, 28 Nov 2019 10:21 WIB

Author

Paul M Nuh

[Advertorial] SDM PKH Wujudkan Kemandirian Penerima Bansos

Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras segenap Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) dalam mewujudkan kemandirian penerima bansos hingga mereka Graduasi Sejahtera Mandiri. 

"PKH sebagai salah satu program unggulan Kemensos program nasional yang telah terbukti berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan. Hal ini tentunya tak lepas dari peran SDM PKH. Mereka adalah pejuang bangsa, ujung tombak program pengentasan kemiskinan. Tanpa kalian program Kemensos tidak akan berarti apa-apa," kata Mensos dalam arahannya pada acara "PKH Appreciation Day 2019" yang berlangsung di Makassar, Rabu malam.

SDM PKH adalah pelaksana PKH di bawah koordinasi Kementerian Sosial terdiri dari Pendamping PKH, Aplikator Pangkalan Data (APD) tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi, Koordinator Kota/Kabupaten, Korrdinator Wilayah, dan Koordinator Regional. Saat ini jumlah keseluruhan SDM PKH adalah 38 ribu orang tersebar di seluruh Indonesia. 

Mensos mengatakan Kebijakan Program Bantuan Sosial kedepan akan terus didorong untuk memperkuat pemberdayaan. SDM PKH memiliki peran besar dalam mendorong pemberdayaan menjadi gerakan sosial untuk mempercepat penerima manfaat berdaya dan mandiri secara sosial ekonomi.

PKH harus banyak meluluskan (graduasi), menumbukan kreatifitas ekonomi, memunculkan ibu-ibu entepreneur yang memiliki dampak sosial di lingkungan terdekatnya dan melahirkan anak-anak berprestasi diberbagai bidang. 

“PKH Appreciation Day” adalah ajang untuk memberikan appresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung Program Keluarga Harapan. 

Penghargaan diberikan kepada segenap SDM PKH yang telah bekerja nyata dalam mendorong kemandiran KPM. 

Penghargaan juga diberikan kepada mitra kerja Kemensos yakni Pemda Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Lembaga Penelitian SMERU, Worldbank, Microsave Indonesia, Inke Maris and Associate, Bank Mandiri, BNI, Bank Tabungan Negara, Bank Rakyat Indonesia, Kantor Berita, Antara, Harian Suara Pembaruan, TVRI, RRI.

PKH Appreciation Day dihadiri 500 orang berasal dari SDM PKH, Dinas Sosial Provinsi, Pemerintah Daerah Provinsi dan kabupaten/kota terpilih, Kementerian Lembaga, Mitra dan undangan.  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme