[Advertorial] Kemendagri Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik

Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 sebagai buah dari perjuangan dan komitmen seluruh jajaran Kemendagri sebagai Badan Publik Informatif

KABAR BISNIS

Rabu, 27 Nov 2019 09:13 WIB

Author

Paul M Nuh

[Advertorial] Kemendagri Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik

Kementerian Dalam Negeri meraih penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 dengan kualifikasi Badan Publik Informatif. Penyerahan penghargaan disaksikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana kepada kepada Mendagri yang diwakili Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (21/11/2019).


Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan bahwa kini peran masyarakat tidak hanya pasif sebagai penerima informasi, tetapi juga aktif menjadi penyebar informasi tersebut. Untuk itu, badan publik harus mampu menjadi rujukan dan pegangan masyarakat dalam mendapatkan informasi, sekaligus menjadi ujung tombak penangkal hoaks, misinformasi yg dapat meresahkan masyarakat.

Menteri Dalam Negeri yang diwakili Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar mengungkapkan bahwa penghargaan melalui penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 sebagai buah dari perjuangan dan komitmen seluruh jajaran Kemendagri sebagai Badan Publik Informatif.

Capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Kemendagri karena telah terbukti menjadi Kementerian yang memiliki keterbukaan informasi publik yang baik dan transparan.

Bahtiar juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai badan publik yang informatif.  Ia juga berharap masukan dari berbagai pihak terutama masyarakat kepada Kemendagri akan bermanfaat untuk bahan evaluasi meningkatkan kinerja seluruh jajaran Kemendagri di masa depan.

Penyelenggaraan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 telah sampai pada akhir tahapan, sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen Badan Publik dalam mendorong Keterbukaan Informasi Publik yang sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kemendagri mendapat penghargaan Kategori Informatif. Raihan ini merupakan perkembangan pesat setelah dua tahun sebelumnya hanya mendapatkan kategori Menuju Informatif. Artinya, Kemendagri mampu menunjukkan komitmen dalam mengimplementasikan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai wujud memenuhi hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

Beberapa tamu undangan yang hadir antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wempi Wetipo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Mahkamah Agung Tuai Protes Usai Mengobral Pengurangan Hukuman Koruptor