DARI POJOK MENTENG

[Advertorial] Menghadapi Era Digital Bersama Bea Cukai

"Terdapat 4 isu utama yang dibahas pada talkshow tersebut, yaitu impor barang kiriman, impor barang penumpang, e-commerce dan modus penipuan melalui impor barang kiriman."

Rizal Wijaya

[Advertorial] Menghadapi Era Digital Bersama Bea Cukai

KBR, Depok- Bea Cukai Soekarno-Hatta bekerja sama dengan Program Vokasi Komunikasi UI menyelenggarakan Customs Goes To Campus, Rabu (21/11/2018). Tema yang dihadirkan "Menghadapi Era Digital Bersama Bea dan Cukai" bertempat di Auditorium Program Vokasi UI, Depok.

Tujuannya, untuk memperkenalkan tugas dan fungsi serta peran utama Bea dan Cukai khususnya KPU Bea Cukai Soekarno Hatta kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.  

Kepala KPU Bea Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Erwin Situmorang, dalam sambutannya memaparkan secara singkat mengenai Bea dan Cukai dari masa ke masa. Juga peran utama Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance, community protector (melindungi masyarakat dari barang ilegal) dan revenue collector (penerimaan negara dari Bea Masuk, Bea Keluar dan Pajak dalam rangka impor: PPN, PPh psl. 22 dan PPnBM).


red

Kepala KPU Bea Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Bapak Erwin Situmorang saat membuka acara.

Acara ini menghadirkan beberapa pembicara yang sudah tidak asing lagi di lingkungan Bea Cukai Soekarno- Hatta, yakni: Herianto Kasi Patroli & Operasi I, Ahmad Soleh PDTT dan Oktiva Pricilla Pelaksana Pemeriksa dengan moderator Reza F.M. 

Ada empat isu utama yang dibahas pada talkshow tersebut, yaitu impor barang kiriman, impor barang penumpang, e-commerce dan modus penipuan melalui impor barang kiriman.

Ratusan mahasiswa antusiasme mengikuti obrolan ini, terlihat dari beragamnya pertanyaan yang dilontarkan tentang materi yang disampaikan. Interaksi pun datang dari media sosial twitter.

Acara ini dihadiri sekitar 400 mahasiswa dan Civitas Akademika Program Vokasi UI, dari target hanya 200 peserta. Ruang Auditorium Progran Vokasi UI pun terasa penuh oleh audiens.

Tak hanya talkshow, acara yang dibuka oleh Devie Rahmawati selaku Kepala Program Studi Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia pun menghadirkan acara menarik lainnya.  Mulai video profile tentang BC Soekarno-Hatta, kuis kahoot sampai dengan photo contest. Pemenang dari beberapa kategori mendapatkan bingkisan menarik dari panitia.

red

Salah seorang pemenang kontes foto

CGTC diakhiri dengan atraksi dari BPIB Tipe A Jakarta dan demo K-9 Anjing Pelacak Narkotika (APN), setelah sebelumnya diumumkan para pemenang kuis dan photo contest, serta foto bersama Kepala Kantor, para hadirin dan panitia.


red




Editor: Paul M Nuh

  • bea cukai

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!