DARI POJOK MENTENG

[Advertorial] Berbagi Pengalaman Fotografi di Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 Yogya

[Advertorial] Berbagi Pengalaman Fotografi di Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 Yogya

Yogyakarta, 12 November 2017 – Setelah sukses di Jakarta, rangkaian Kompetisi fotografi Canon PhotoMarathon Indonesia kembali digelar di Yogyakarta. Tahun ini merupakan kali ketujuh ajang ini hadir di Kota Pelajar Yogyakarta. Bertempat di Bima Hall C – Jogja Expo Center, ribuan peserta dari berbagai daerah di Jawa dan Sumaterahadir memeriahkan Canon PhotoMarathon Indonesia 2017. Kompetisi ini memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah, serta hadiah utama berupa perjalanan ke Jepang sekaligus mengikuti kompetisi foto antarnegara. Selain itu, Datascrip juga menyiapkan hadiah perjalanan klinik foto ke Padang bagi sejumlah fotografer yang menjadi juara sebagai wujud kemitraan pt. Datascrip dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam memajukan destinasi wisata tanah air. 

Ajang bergengsi ini secara istimewa dibuka langsung oleh Satoru Takeda - Vice President of Canon South & South East Asia Regional Headquarter, didampingi dewan juri dan para pembicara seminar fotografi.

Setelah dibuka dan dibacakan tata aturan lomba, para peserta ditantang untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik sesuai dengan tema pertama yang diumumkan yaitu “Lucu”. Kemudian disusul tantangan tema kedua “Kontras”, hingga yang terakhir tema ketiga, yaitu “Sejauh Mata Memandang”. Di masing-masing tema, para peserta diberi batasan waktu untuk berburu foto dan mengunggah hasil foto terbaik mereka untuk dilombakan. 


red
Vice President of Canon South & South East Asia Regional Headquarter sedang memukul gong membuka acara Canon PhotoMarathon Indonesia 2017- Yogyakarta, didampingi Dewan Juri dan Pembicara di Bima Hall C – Jogja Expo Center, Minggu (12/11).

Beberapa dewan juri yang terlibat di kompetisi Yogyakarta yakni: Eko Sumartopo (Fotografer Profesional), Heru Chandra (Canon Aftersales Service Division Manager, pt. Datascrip), Julian Somadewa (Fotografer Profesional), Mast Irham (Fotografer Profesional & Pewarta Foto), Michael Sidharta (Fotografer Profesional), dan Roni Bachroni (Fotografer Profesional).

Selain kategori umum, Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 juga membuka kategori pelajar bagi para pelajar SD atau yang sederajat hingga SMA atau yang sederajat. “Melalui kategori pelajar ini, para fotografer muda yang masih duduk di bangku sekolah dapat turut menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam bidang fotografi dan berkompetisi antarsesama mereka. Hal ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan minat dan keterampilan fotografi masyarakat termasuk memupuk bakat para fotografer muda,” ujar Sintra Wong – Division Manager of Canon Image Communication Product Div., pt. Datascrip.

Tidak hanya pengguna kamera Canon, pengguna kamera merek lain juga bisa ikut ambil bagian. Peserta dari berbagai profesi baik yang muda maupun yang berusia lanjut, laki-laki maupun wanita, semua berkumpul memeriahkan Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 di Yogyakarta. 

“Selain sebagai ajang silaturahmi antarsesama  fotografer, para peserta bisa mendapat berbagai ilmu yang menarik melalui ajang Canon PhotoMarathon Indonesia. Di penyelenggaraan tahun ke tujuh di Yogyakarta ini, Justin Mott, fotografer berkaliber internasional, hadir dan berbagi ilmu fotografinya secara langsung dengan para peserta yang sejak pagi mengikuti acara ini,” jelas Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip.

Justin Mott merupakan fotografer profesional yang juga menjadi bagian dalam program televisi Photo Face-Off. Karya-karya fotografer asal Amerika yang kini tinggal di Vietnam tersebut banyak dimuat di media-media terkenal diantaranya The New York Times, TIME, Forbes, The Wall Street Journal, dan The Guardian. Selain itu, sambil menunggu juri menilai dan menentukan foto-foto terbaik, para peserta juga dihibur dengan berbagai permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara sehingga aktivitas dari siang hingga sore hari tidak membuat bosan para peserta. 

Acara kemudian diakhiri dengan pengumuman pemenang dan prosesi penyerahan hadiah. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 – Yogyakarta dimenangkan oleh Firdaus Ginting. Ia berhak membawa pulang Kamera DSLR Canon EOS 750D beserta lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip ke Jepang bersama dengan juara umum dari Jakarta mewakili Indonesia untuk kemudian berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2017 lainnya di Jepang.


red
Canon Division Director pt. Datascrip berfoto bersama Firdaus Ginting – Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 – Yogyakarta. Firdaus Ginting berhak membawa pulang Kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Tripke Jepang bersama dengan juara umum dari Jakarta mewakili Indonesia untuk kemudian berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon  PhotoMarathon Asia 2017 lainnya.

  • datascrip

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!