Satgas COVID-19: Gratis, Tes Swab Bagi Warga yang Punya Kontak Erat Pasien Positif

“Kalau toh mungkin masih ada pungutan-pungutan, mohon kami bisa diinformasikan, sehingga kami bisa mencari solusinya."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 09 Okt 2020 22:53 WIB

Author

Agus Lukman

Satgas COVID-19: Gratis, Tes Swab Bagi Warga yang Punya Kontak Erat Pasien Positif

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo. (Foto: Satgas COVID-19/BNPB)

KBR, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan pemerintah menggratiskan biaya pemeriksaan tes usap atau tes swab PCR bagi masyarakat yang memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengatakan pemerintah sudah mendistribusikan reagen ke berbagai daerah untuk uji sampel spesimen virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Dengan begitu, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas dapat memberikan pelayanan dan penanganan COVID-19 gratis berbasis data.

“Untuk yang di Puskesmas seharusnya gratis, karena reagen itu diberikan dari pusat, dari Kementerian Kesehatan bersama Satgas COVID-19. Kemudian juga pemerintah provinsi, kabupaten kota juga ada yang menyelenggarakan reagen sendiri,” kata Doni perbincangan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Jika ada yang memungut biaya tes swab bagi warga yang punya kontak erat engan pasien COVID-19, Doni meminta agar itu dilaporkan ke Satgas COVID-19.

“Kalau toh mungkin masih ada pungutan-pungutan, mohon kami bisa diinformasikan, sehingga kami bisa mencari solusinya,” tegas Doni.

Doni mengatakan pemerintah tidak ingin masyarakat terbebani untuk melakukan pemeriksaan spesimen, sehingga solusi terbaik akan selalu diupayakan dalam rangka memutus rantai penularan COVID-19.

"Beban kepada masyarakat tidak boleh terlalu berat, apalagi untuk melakukan pemeriksaan spesimen,” kata Doni.

“Sejauh ini, mereka yang kontak erat dilakukan tracing itu seharusnya gratis. Tidak boleh ada pungutan sebesar apapun. Seharusnya gratis,” imbuhnya.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - KABAR BISNIS

Most Popular / Trending

Uji Coba Pembukaan Pariwisata, 8000 Pelancong Datangi Hawaii

Kabar Baru Jam 7

Adaptasi Petani Kendal Atasi Kekeringan

Kabar Baru Jam 8

Kesaksian Jurnalis Korban Kekerasan Aparat saat Aksi Tolak Undang-undang Cipta Kerja