NUSANTARA

Pandemi Covid, 4 Napi di Penjara Kesambi Kota Cirebon Sembuh

Pandemi Covid,   4 Napi di Penjara Kesambi Kota Cirebon Sembuh

KBR, Cirebon- Sebanyak 19 orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi Kota Cirebon, Jawa Barat reaktif COVID-19. Dari jumlah itu setelah dilakukan tes swab sebanyak empat orang dinyatakan Positif COVID-19.

Lapas memisahkan empat  orang tersebut di ruang perawatan khusus Lapas agar virus tak menyebar. Setelah sekitar satu minggu mendapat perawatan intensif keempatnya terkonfirmasi Negatif COVID-19.

Kepala Pengamanan Lapas Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon, Sukarno Ali mengatakan, narapidana yang terkonfirmasi Positif COVID-19 merupakan pindahan dari Lapas Cipinang Jakarta.

"Mutasi dari DKI Jakarta sebanyak 48 orang. Setelah kami lakukan rapid tes sebanyak 19 orang Reaktif COVID-19, dan setelah dilakukan tes swab sebanyak empat  orang Positif COVID-19," kata Kepala Pengamanan Lapas Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon, Sukarno Ali, Jumat (16/10).

Ia melanjutkan, seluruh narapidana pindahan dari DKI Jakarta tengah menjalani pemulihan dengan olahraga, mengkonsumsi makanan yang dianjurkan Dinas Kesehatan dan minum vitamin.

"Langkah yang dilakukan di sini adalah memberikan kegiatan olahraga dan mengkonsumsi vitamin," imbuhnya.

Ia menyatakan, seluruh narapidana tersebut masih ditempatkan di ruangan khusus terpisah dari narapidana lainnya, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di dalam Lapas.

"Kami masih protect dari warga binaan lainnya, ini sudah 34 hari belum disatukan karena harus hati-hati sekali," tuturnya.

Beberapa hari kedepan, Lapas pun akan melakukan rapid tes dan uji swab ulang untuk memastikan seluruh warga binaan bebas dari paparan COVID-19.

"Rencananya dari Provinsi akan melakukan tes swab kembali, dan seluruh pegawai yang ada di Lapas Kelas I pun akan diswab," pungkasnya.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

  • #pakaimasker
  • #cucitanganpakaisabun
  • #IngatPesanIbu
  • #satgascovid19
  • #cucitangan
  • #KBRLawanCovid
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #jagajarak
  • COVID-19
  • nativead

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!