KABAR_BISNIS

Habitat for Humanity Indonesia Berbagi Pembelajaran Inspiratif di Kabupaten Bangka

Habitat for Humanity Indonesia Berbagi Pembelajaran Inspiratif di Kabupaten Bangka

Bangka, 20 Oktober 2020 – Rumah merupakan kebutuhan dasar dan cerminan jati diri yang berperan strategis dalam pemmbentukan watak serta kepribadian bangsa. Tapi ribuan keluarga di Provinsi Kepulauan Bangka dan Belitung, memiliki rumah yang layak masih menjadi masalah utama.

Kondisi ini mendorong Habitat for Humanity Indonesia dengan Samsung Electronics Indonesia dan pemerintah daerah Kabupaten Bangka memulai program “Revitalisasi Pengembangan Masyarakat di Kabupaten Bangka”. Sejak 2017 mereka berkolaborasi mengembangkan wilayah perumahan dan permukiman dengan membangun rumah, fasilitas toilet umum, akses air bersih, sanitasi, dan fasilitas pendidikan berbasis teknologi. Selama proyek ini dilakukan, sudah lebih dari 4.704 keluarga di Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka dapat dilayani.

Untuk memberikan apresiasi bagi masyarakat dan pelaku CSR, Habitat menggelar webinar nasional untuk menginspirasi lebih banyak pihak agar terlibat dan melanjutkan dukungan bagi pembangunan permukiman yang layak di daerah yang membutuhkan.

Leopold Sutedja, Senior Manager Operational Habitat for Humanity Indonesia menyatakan “Dalam setiap program Habitat, partisipasi masyarakat selalu menjadi bagian penting. Dengan melibatkan masyarakat dalam setiap proses akan menumbuhkan rasa memiliki dan memelihara apa yang dibangun. Dalam implementasi program ini kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti dunia bisnis, pendidikan, para ahli dan pemerintah mutlak dibutuhkan.”

Sementara Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship PT. Samsung Electronics Indonesia menuturkan, “Program CSR di Bangka merupakan salah satu kegiatan CSR Samsung untuk pilar Community Development & Education dengan menyesuaikan karakteristik expertise Samsung dibidang teknologi dan inovasi. Kolaborasi kami dengan Habitat for Humanity Indonesia dan Pemda Bangka menjadi jembatan positif bagi perubahan yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan. Semoga seluruh fasilitas dan program yang diberikan dapat bermanfaat dan dipertahankan kesinambungannya.”

Mulkan, SH. MH, Bupati Bangka mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dari Habitat for Humanity dan Samsung Electronics Indonesia. Program Revitalisasi Pengembangan Masyarakat melalui pembangunan rumah layak huni, saluran air bersih, pembangunan sekolah dan peningkatan ekonomi memberikan dampak positif bagi warga Desa Penagan khususnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka menargetkan tahun 2023 seluruh masyarakat menempati rumah yang layak termasuk terpenuhinya akses sanitasi layak dan air bersih. Oleh karena itu, Kabupaten Bangka terus mengembangkan inovasi pembiayaan untuk meningkatkan akses rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Partisipasi swasta, perusahaan, masyarakat, pemerintah provinsi, pemerintah pusat dan lembaga keuangan terus didorong.

Senada dengan Bupati Bangka, Pan Budi Marwoto, Kepala BAPPEDA Kabupaten Bangka mengungkapkan bahwa proyek ini telah berhasil menekan angka kemiskinan dan menurunkan angka stunting secara signifikan serta mampu meningkatkan akses ketersediaan infrastruktur dasar masyarakat terutama air bersih dan sanitasi layak.

Kolaborasi yang baik ini telah mewujudkan tersedianya 108 rumah layak huni, 200 sambungan air bersih, 5 MCK + 1.5000 lebih drainase, kelas berbasis teknologi, dan berbagai kelompok usaha.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang dan bangga berkolaborasi dengan Samsung Electronics Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Bangka untuk bersama menyatakan dampak positif bagi masyarakat di Desa Penagan, Kabupaten Bangka. Kami berharap, program ini tidak berhenti sampai di sini, namun bisa berkembang dan terus berkelanjutan, tentunya melalui dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak yang lebih banyak lagi, secara khusus Forum CSR di Bangka karena kebutuhan masyarakat Bangka masih banyak dan uluran tangan kita sangat dibutuhkan.”

Setiap proses dan perkembangan pelaksanaan program yang disampaikan secara daring diharapkan memberi inspirasi yang membuka cakrawala setiap masyarakat dan pelaku CSR memaksimalkan posisi strategis untuk memberi sumbangsih membangun Indonesia melalui pembangunan perumahan dan permukiman.

  • HabitatforHumanity

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!