BERITA

BNPB: Banyak Daerah Belum Punya Sensor Tsunami

BNPB: Banyak Daerah Belum Punya Sensor Tsunami

KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut banyak daerah di Indonesia belum siaga tsunami. Hal itu diungkapkan Kepala BNPB Doni Monardo dalam acara peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2019 di Pangkalpinang, Kep. Bangka Belitung, Jumat (11/10/2019).

"Saat ini masih banyak daerah yang belum mendapatkan bantuan sensor gempa dan tsunami. Karena wilayah pantai Indonesia yang sangat panjang atau sekitar 190 ribu kilo meter, jadi tidak mungkin semua pantai mendapatkan fasilitas sensor tsunami," kata Kepala BNPB Doni Monardo seperti dilansir Antara, Jumat (11/10/2019).


29 Sensor Tsunami Tidak Berfungsi

Menurut Doni, Indonesia memiliki 29 sensor pendeteksi tsunami dan gempa. Namun, alat mitigasi bencana itu tidak berfungsi karena tidak dijaga dengan baik.

"Peralatan ini diadakan dengan harga mahal, tetapi tetap hilang dan tidak berfungsi, karena akinya, solar cell dan peralatan alat pendeteksi gempa dan tsunami tersebut hilang," kata dia.

Doni meminta agar aparat pemerintah dan masyarakat bisa bersama-sama menjaga alat mitigasi bencana.

"Pemerintah daerah harus menjaga alat-alat yang telah dihibahkan pemerintah pusat ke daerahnya. Seluruh elemen bangsa ini harus menjaga dan merawat alat ini. Pemerintah membiayai semua ini dari uang rakyat, jadi sudah kewajiban kita semua menjaganya," kata dia.

"Apabila ini sudah dilakukan dengan baik maka kita sudah menjadi pahlawan-pahlawan kemanusiaan, karena sudah mengurangi risiko korban bencana," tambahnya lagi.

Menurut peta yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia memiliki banyak daerah yang berpotensi dilanda tsunami, yakni:

    <li>Sepanjang Pantai Barat Sumatera</li>
    
    <li>Pantai Selatan Jawa</li>
    
    <li>Selatan Nusa Tenggara</li>
    
    <li>Utara Nusa Tenggara</li>
    
    <li>Pantai Timur Manado</li>
    
    <li>Kepulauan Maluku</li>
    
    <li>Pantai Utara Sulawesi</li>
    
    <li>Bagian Barat Sulawesi</li>
    
    <li>Pulau-pulau kecil di Ambon</li>
    
    <li>Pantai Utara Papua.<span id="pastemarkerend">&nbsp;</span></li></ul>
    

    Editor: Sindu Dharmawan

  • mitigasi bencana
  • BNPB
  • Doni Monardo
  • Bulan Pengurangan Risiko Bencana
  • BMKG

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!