KABAR BISNIS

YPA-MDR gelar Lomba Pembelajaran Kreatif Guru-Siswa

YPA-MDR gelar Lomba Pembelajaran Kreatif Guru-Siswa

Jakarta – PT. Astra International Tbk melalui YPA-MDR pertama kalinya memberikan apresiasi kepada para guru dalam ajang Kompetisi berskala nasional Lomba Pembelajaran Kreatif dan Kolaboratif Guru-Siswa, yang telah berinovasi dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Menurut Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, kompetisi yang dimulai pada 24 Januari 2020 lalu, mendapatkan respon positif sehingga terkumpul 220 video pembelajaran dari para peserta yang berasal hampir dari seluruh wilayah Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 21-24 Agustus 2020 dilakukan seleksi awal sehingga terpilih 174 video pembelajaran untuk dipublikasikan pada platform Youtube YPA-MDR yang terdiri dari 91 video pembelajaran tingkat SD dan 83 video pembelajaran tingkat SMP. Babak Final diadakan pada 9 September 2020 terhadap 10 finalis terpilih yang terdiri dari 5 finalis SD dan 5 finalis SMP.

“Inilah salah satu wujud peran Astra melalui YPA-MDR dalam kontribusi sosial berkesinambungan di bidang pendidikan, bahwa program-program yang diberikan bukanlah sekadar charity, melainkan sebuah proses pembinaan yang terpola, terstruktur yang dampaknya terukur, dengan harapan dapat menginspirasi banyak pihak, sedapat mungkin ingin menjadi role model di dunia pendidikan. Lebih jauh dari semuanya itu, kami ingin mewujudkan salah satu butir dari filosofi Cartur Darma Astra, ‘Menjadi milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara’, khususnya bagi kemajuan Pendidikan di negeri tercinta,” ungkap Direktur PT. Astra International Tbk sekaligus Ketua Dewan Pembina YPA-MDR, Gita Tiffani Boer.

Kriteria penilaian diukur dari beberapa indikator. Untuk Juara Terbaik penilaian berdasarkan pada latar belakang masalah, strategi pemecahan masalah, keaslian karya inovasi dalam pembelajaran kreatif dan kolaboratif, bentuk pembelajaran kolaboratif guru dan siswa, serta dampak positif dari metode pembelajaran dan teknik presentasi. Sedangkan untuk Juara Favorit dinilai berdasarkan jumlah “like” terbanyak dari video peserta yang diupload secara resmi oleh platform youtube Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim.

Sebanyak 20 Pemenang Lomba, terdiri dari 10 juara terbaik dan 10 juara favorit baik dari ategori Guru SD dan Guru SMP yang diumumkan pada hari ini mendapat total hadiah sebesar Rp 111 juta.

Melalui kompetisi ini, YPA-MDR berharap para guru akan terus menggali cara-cara yang inovatif dalam mengajar dengan mendayagunakan pengalaman di lingkungannya dan para peserta mendapatkan wawasan serta pengalaman baru untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah masing-masing. Semoga cita-cita luhur Astra untuk “Sejahtera Bersama Bangsa” dapat terwujud dengan melahirkan generasi cerdas, menginspirasi dan semangat untuk ber-inovasi.

  • YPA-MDR

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!