[Advertorial] #orangkantorRUN2019": Pola Hidup sebagai Usaha Pencegahan Penyakit Metabolik

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi tidak sehat ini dan aktifitas fisik serta olahraga merupakan komponen kunci dari keseimbangan pemakaian energi yang bisa dilakukan.

KABAR BISNIS

Senin, 15 Jul 2019 10:35 WIB

Author

Paul M Nuh

[Advertorial] #orangkantorRUN2019

Penyakit-penyakit tidak menular menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas terutama di kota-kota besar di seluruh dunia. Data World Health Organization tahun 2012 menunjukan 17.5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular atau 31% dari seluruh angka kematian di dunia dan lebih dari 75% kematian akibat penyakit kardiovaskular tersebut terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang. Kawasan Asia Tenggara menonjol dalam hal prevalensi tinggi penyakit jantung koroner bersamaan dengan penyakit diabetes sebesar 29.4% dibandingkan dengan kawasan yang lain. Data di Indonesia sendiri menunjukkan bahwa prevalensi penyakit jantung semakin meningkat menjadi sebesar 1.5% pada tahun 2013(3) dan Jakarta sebagai ibukota negara mempunyai prevalensi lebih tinggi dari prevalensi nasional. 

Penyakit kardiovaskular merupakan ujung akhir dari penyakit metabolik yang tergabung dalam kumpulan kondisi tidak sehat seperti hipertensi, gangguan pola lemak dan peningkatan kadar gula darah yang umumnya disebabkan karena asupan kalori yang masuk lebih besar dari jumlah kalori yang dipakai. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi tidak sehat ini dan aktifitas fisik serta olahraga merupakan komponen kunci dari keseimbangan pemakaian energi yang bisa dilakukan. 

Edukasi berkelanjutan dalam hal modifikasi pola hidup sehat adalah usaha yang harus terus dijalankan sebagai profesional yang bergerak dalam bidang kesehatan. RS Murni Teguh Sudirman Jakarta pada bulan April 2019 menemukan adanya kasus kematian mendadak yang terjadi pada tiga orang laki-laki dibawah usia 50 tahun sehingga hal ini menguatkan keinginan edukasi berkelanjutan di daerah lokasi berdirinya RS Murni Teguh Sudirman Jakarta yaitu di daerah kawasan perkantoran jalan Sudirman Jakarta. Untuk itu, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia cabang Jakarta, Persatuan Diabetes Indonesia Wilayah Jakarta BBD, RSU Murni Teguh Sudirman Jakarta mencanangkan program modifikasi pola hidup sebagai upaya pencegahan penyakit metabolik dengan cara melakukan aktifitas olahraga sebelum bekerja di program  #orangkantorRUN2019 yang dilakukan tanggal 12 Juli 2019 yang juga adalah hari ulang tahun organisasi Persatuan Diabetes Indonesia yang ke 33 tahun. 

Referensi:

  1. World Health Organization.  World Health Statistic 2012
  2. Thomas R. Einarson Annabel Acs et al. Cardiovasc Diabetol (2018)17: 83
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riskesdas 2013
  4. Moh G Saklayen. The Global Epidemic of the Metabolic Syndrome. Curr Hypertension Reports (2018)20: 12
  5. Bird SR Hawley JA. BMJ Open Sport Exerc Med. 2017;2:2000143 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - KABAR BISNIS

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Koalisi Gemuk Pemerintah Dinilai Ancam Demokrasi