KABAR BISNIS

Hari Anti Narkoba Internasional 2020

"Berdasarkan data PBB, pada tahun 2018 terdapat 275 juta penduduk dunia atau 5,6 persen dari penduduk dunia usia 15-64 tahun pernah mengonsumsi narkotika. "

Paul M Nuh

Hari Anti Narkoba Internasional 2020
Gedung BNN (foto Antara)

Tahun ini, akibat Pandemi Covid-19 peringatan Hari Anti Narkoba Internasional )HANI) dilakukan secara virtual. HANI yang diperingati tiap tanggal 26 Juni, tahun ini mengambil tema "Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba".  Peringatan disiarkan secara langsung melalui media sosial dan live streaming milik BNN.

Kepala BNN Komjen Heru Wijanarko menuturkan, tahun ini terjadi penurunan prevalensi penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan penelitian yang dilakukan BNN dan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI pada tahun 2019, tren prevalensi penyalahgunaan narkotika di Indonesia setahun terakhir sebesar 1,80 persen. Atau setara dengan 3,49 juta orang. Jumlah itu mengalami penurunan dari prevalensi penyalahgunaan narkoba di tahun 2011 sebesar 2,40 persen.

HANI tahun 2020 dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara virtual. Menurut Ma’ruf, dunia saat ini sedang menghadapi 2 ancaman yang serius dengan dampak yang sangat luas baik bagi ekonomi, kesehatan, maupun kehidupan masyarakat, yaitu narkoba dan Covid-19. Berdasarkan data PBB, pada tahun 2018 terdapat 275 juta penduduk dunia atau 5,6 persen dari penduduk dunia usia 15-64 tahun pernah mengonsumsi narkotika. Sementara, berdasarkan data BNN, angka penyalahgunaan narkotika di Indonesia pada tahun 2017 sebanyak 3,37 juta jiwa dengan rentang usia 10-59 tahun. Kemudian, tahun 2019 naik menjadi 3,6 juta, sedangkan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di tahun 2018 mencapai angka 2,29 juta.

Dalam peringatan tersebut, BNN disaksikan Ma’ruf Amin meluncurkan program baru dalam rangka menekan angka penggunaan narkotika di lingkungan aparat sipil negara (ASN), yaitu portal pengaduan BNN One Stop Service (BOSS) dan Tagar Hidup 100 Persen. Hadir pula dalam acara HANI 2020 MenpanRB Tjahjo Kumolo, Imam besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, dan pejabat BNN lainnya.

  • bnn

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • dahlia4 years ago

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>

  • kelly4 years ago

    ⁣QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat atau Wa : +6287886603026 atau bisa cari atau search di google ya guys.