[Advertorial] Pocari Sweat Gelar Workshop Menu Sahur Praktis dan Sehat dengan Hijabers

Workshop ini membahas tentang pemilihan menu makan sahur yang praktis karena persiapan makan sahur yang singkat namun harus tetap memperhatikan kandungan serat, protein dan minuman yang tepat.

KABAR BISNIS | KABAR BISNIS

Senin, 15 Apr 2019 10:34 WIB

Author

Paul M Nuh

[Advertorial] Pocari Sweat Gelar Workshop Menu Sahur Praktis dan Sehat dengan Hijabers

POCARI SWEAT membagi masyarakatara  agar tetap sehat saat berpuasa. Salah satu cara yang dilakukan POCARI SWEAT adalah dengan program “Workshop Menu Sahur praktis dan Sehat” yang diselenggarakan mulai tanggal 8 – 30 April 2018. Workshop ini membahas tentang cara menyiapkan sajian sahuh yang simple, praktis namun tetap memperhatikan cara memasaknya sehingga kandungan gizinya terjaga. Pada tanggal 14 April 2019 ini, para hijabers yang tergabung di dalam Komunitas Hijabers Indonesia (KHI) mendapatkan giliran pertama workshop menu sahur bersama Pocari Sweat di Masjid WTC Sudirman Jakarta.

Workshop ini rencananya akan diselenggarakan secara serentak di 12 kota dengan menggandeng lebih dari 100 media di seluruh Indonesia. Selain itu juga melibatkan 150 instansi dan komunitas yang terdiri dari 10.000 partisipan.

Hadir sebagai pembicara adalah Ahli Gizi dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, Nur Khalida Aisyah, S.Gz. Workshop ini secara spesifik membahas tentang pemilihan menu makan sahur yang praktis karena persiapan makan sahur yang singkat namun harus tetap memperhatikan kandungan serat, protein dan minuman yang tepat. Sedangkan untuk minuman, ada keterbatasan jumlah yang bisa diminum, sehingga harus memperhatikan kandungan didalamnya. Kebanyakan orang masih memprioritaskan teh dan kopi, padahal keduanya mengandung unsur deuritik. Unsur deuritik ini mengakibatkan kita terstimulasi untuk banyak ke kamar kecil, sehingga kandungan cairan yang kita konsumsi saat sahur banyak yang hilang. Salah satu yang minuman yang dianjurkan pada saat sahur adalah minuman yang mengandung Ion atau yang sering disebut elektrolit.


Lebih lanjut, Charisma Pasaribu mewakili dari Brand Communication Pocari Sweat Jakarta mengatakan minuman yang paling tepat untuk sahur adalah minuman yang mengandung Ion, karena tubuh kita terdiri dari air dan ion. Manfaat dari Ion itu sendiri adalah untuk membantu proses penyerapan cairan dan membantu menahan cairan lebih lama di dalam tubuh. Pocari Sweat adalah minuman yang memiliki kandungan komposisi air dan ion yang paling mirip dengan cairan tubuh kita. Oleh karena itu, kalau sekeluarga mau minum Pocari Sweat, kemasan 2 Liter  pas untuk sahur, supaya bisa berbagi.


POCARI SWEAT

POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr. Saat ini ada beberapa variant kemasan POCARI SWEAT yaitu kaleng 330mL, sachet 15 gr, Botol PET 350mL, 500mL, 900mL dan 2L. 

Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan ion yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa. Mengkonsumsi POCARI SWEAT dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, POCARI SWEAT alami dan terukur, yaitu dibuat tanpa menggunakan bahan Pengawet, Pemanis Buatan, Soda dan Kafein, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja untuk mencegah dehidrasi. Dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

KENAPA PERLU POCARI SWEAT?

Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan. Bekerja di ruangan ber AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur pun tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml , dimana 1/3 bagian hilang melalui pernafasan dan 2/3 bagian hilang melalui penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, seprai, dan lain-lain. Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan.  POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh. 

Tubuh kita paling banyak kehilangan cairan jika kita melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Saat berolahraga, baik melakukan olahraga ringan maupun berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, apalagi jika cuaca panas, kehilangan cairan akan lebih banyak lagi. Jika kehilangan ini tidak diganti maka suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih mudah lelah. Menurut penelitian dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat,   dengan cara mengeluarkan keringat. Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya. 

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonik seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh. 

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK?

Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu.

Minuman isotonic memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis.

Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonic dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonic, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengkerut dan mati. Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonic dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama, sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi.

CAIRAN TUBUH ITU PENTING

Jika kita asumsikan 60% berat tubuh kita adalah cairan, maka jika berat badan kita 70kg, maka berat cairan tubuh kita adalah : 60/100 x 70kg = 42 kg. Jika kita bayangkan dengan jerigen kapasitas 20L, berarti banyaknya cairan tubuh kita adalah 2 buah jerigen isi 20L dan 2 buah jerigen isi 2L ! Wah, banyak juga ya? Cairan tubuh memang memegang peranan penting dalam hidup kita dimana salah satu peranannya adalah mengatur suhu tubuh dan juga sebagai alat transportasi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka akan berpengaruh terhadap seluruh kerja organ dan proses dalam tubuh kita. Karena itu, cegah dehidrasi dengan minuman yang tepat, yang komposisinya mirip Cairan tubuh.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Ketika Seniman Teriak Anti Korupsi Lewat Karya

Hari Hak Asasi Manusia, Apa yang Diinginkan Keluarga Korban Pelanggaran HAM?

Kabar Baru Jam 8

Kelas Multikultural, Ruang Keberagaman dari Tanah Sunda