[Advertorial] Menjelang Tugas Berakhir, Dubes AS, Joseph RD. Jr Pamit ke Mendagri

Joseph dan Tito sudah lama saling mengenal dan sudat erat mengembangkan kerjasama di bidang program kontraterorisme dan peningkatan keamanan di kawasan ASEAN.

KABAR BISNIS

Kamis, 30 Jan 2020 10:18 WIB

Author

Paul M Nuh

[Advertorial] Menjelang Tugas Berakhir, Dubes AS, Joseph RD. Jr Pamit ke Mendagri

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, HE Joseph R. Donovan Jr melakukan kunjungan resmi ke kantor Mendagri Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., pada Rabu (29/01/2020). Setelah bertugas selama 3 tahun lebih di Indonesia sejak 2017 sang Dubes akan kembali ke Washington DC bulan depan. 

Dubes Joseph sangat mengapresiasi peran dan dukungan Tito Karnavian di dalam mempererat kerjasama AS dan Indonesia selama ia bertugas di Indonesia. Kerjasama itu utamanya dalam bidang keamanan, pengembangan demokrasi dan kerjasama bidang pembangunan. Bahkan dengan posisi baru sebagai Mendagri, Dubes Joseph mengharapkan dukungan Tito untuk tetap memelihara hubungan kerjasama bilateral yang makin baik antar kedua negara di berbagai bidang. 

Dalam kesempatan itu juga Dubes Joseph memperkenalkan Direktur USAID, lembaga kerjasama international milik pemerintah AS, Walter L Doetsch yang akan mengembangkan program peningkatan kapasitas pemerintahan daerah dalam kaitannya dengan desentralisasi dan otonomi daerah, yang menurut rencana akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang. 

Joseph dan Tito sudah lama saling mengenal dan sudat erat mengembangkan kerjasama di bidang program kontraterorisme dan peningkatan keamanan di kawasan ASEAN. Dubes Joseph memandang Mendagri Tito sebagai tokoh yang sangat bersahabat, bijak dan cakap di dalam kepemimpinanan khususnya selama Tito menjabat sebagai Kapolri.

Dubes AS itu juga sangat mengapresiasi proses demokrasi di Indonesia, seperti Pemilu yang berlangsung aman, damai dan semakin nyata berorientasi kepada pluralisme. Dia juga memuji langkah-langkah Presiden Jokowi di dalam memperbaiki iklim investasi secara terus menerus. 

Mendagri menerangkan bahwa salah satu tugas pokok Kemendagri adalah bidang pengawasan Pemerintah Daerah. Khusus di dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah. Mendagri juga berharap agar benar-benar bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

"Saya ingin kemampuan teknis penganggaran, perencanaan yang baik serta penyederhanaan birokrasi dan regulasi yang sejalan dengan visi-misi Presiden Jokowi, dapat dikembangkan lewat kerjasama bilateral kedua negara melalui program USAID," kata Mendagri.

Pada kesempatan pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam itu, Mendagri didampingi oleh Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Nelson Simanjuntak dan Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga.


 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - KABAR BISNIS

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11