INTERNASIONAL

Tersangkut Terorisme, Turki Tahan Kepala Stasiun TV

Tersangkut Terorisme, Turki Tahan Kepala Stasiun TV

KBR- Sebuah pengadilan di Turki memerintahkan penangkapan kepala stasiun TV dan tiga pejabat kepolisian atas dakwaan terorisme.

Pengadilan juga memerintahkan pembebasan delapan orang lain, termasuk seorang redaktur surat kabar terkait dengan ulama Muslim yang berbasis di AS serta dituduh merencanakan penggulingan pemerintah Turki, Fethullah Gulen.

Kepala staisun TV Samanyolu Hidayet Karaca dan ketiga pejabat kepolisian itu resmi dinyatakan jadi tahanan kemarin. Mereka sebelumnya ditahan bersama puluhan orang lainnya pada akhir pekan dalam penyerbuan yang menarget orang-orang yang diduga merencanakan penggulingan Erdogan. Namun, pengadilan memerintahkan pembebasan Ekrem Dumanli, redaktur harian Zaman yang beroposisi, yang juga ditangkap dalam penyerbuan hari Minggu itu.

Fethullah Gulen telah bertikai dengan presiden sejak akhir bulan Desember, ketika Erdogan masih menjabat sebagai perdana menteri Turki dan di tengah berlangsungnya penyidikan korupsi yang menarget orang-orang dalamnya.

Erdogan menuding dia disidik karena para pendukung Gulen mengintimidasi lembaga-lembaga pemerintahan Turki. Tetapi ulama itu telah membantah keterlibatannya. AS belum menanggapi permintaan berulang kali dari Turki yang menuntut diekstradisinya Gulen, yang tinggal di Pennsylvania sejak 1999. (VoA)

Editor: Dimas Rizky

  • hukum
  • terorisme
  • stasiun tv
  • ditangkap

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!