INTERNASIONAL

Tak Beri Penjelasan, Pemimpin USAID Mengundurkan Diri

Tak Beri Penjelasan, Pemimpin USAID Mengundurkan Diri

KBR – Pemimpin Lembaga bantuan dari Amerika Serikat atau USAID , Rajiv Shah mengundurkan diri setelah menjabat sejak tahun 2009 lalu.

Dalam pernyataan yang dirilis hari Rabu (17/12) waktu setempat, pemimpin ke-16 USAID Shah mengatakan, ia mengundurkan diri dengan perasaan campur aduk, tapi tidak memberi alasan bagi keputusannya. Pengunduran diri Shah akan mulai berlaku bulan Februari.

Pengumuman tersebut keluar ketika karyawan kontrak USAID Alan Gross dibebaskan oleh Kuba setelah lima tahun di penjara. Gross ditahan bulan Desember 2009 dan kemudian dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena mengimpor teknologi yang dilarang ke Kuba. USAID dikecam oleh para pembuat kebijakan Amerika karena program-programnya di Kuba.

Penyelidikan oleh kantor berita AP mendapati bahwa USAID membuat layanan seperti Twitter untuk meremehkan pemerintah Kuba dan mengadakan loka karya kesehatan untuk merekrut sejumlah aktivis. Meski demikian Shah dipuji karena mendorong agenda pembangunan global Amerika.

Dalam sebuah pernyataan, Menlu Amerika John Kerry memuji Shah yang telah “mengubah USAID menjadi lembaga yang lebih berorientasi usaha, modern dan lebih gesit mendukung demokrasi yang tangguh dan berjuang melawan kemiskinan ekstrem di seluruh dunia.”

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Shah “telah melembagakan nilai-nilai terbaik Amerika” dengan secara proaktif memajukan prioritas pembangunan, termasuk mengakhiri kemiskinan global. Ia juga mendukung keamanan pangan, kesehatan dan nutrisi, memperluas akses bagi sumber daya energi dan mendukung reformasi politik dan ekonomi pada masyarakat yang tertutup. (VOA)

Editor: Anto Sidharta

  • Pemimpin USAID
  • Rajiv Shah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!